Sabtu 26 Dec 2020 21:30 WIB

Ide Film Tenet Muncul Sejak 20 Tahun Lalu

Christopher Nolan memendam ide Tenet selama dua dekade.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu adegan dalam film Tenet yang dirilis Warner Bros Entertainment. Film yang disutradarai Christoper Nolan ini rilis pada 26 Agustus 2020.
Foto: Melinda Sue Gordon/Warner Bros. Entertainment
Salah satu adegan dalam film Tenet yang dirilis Warner Bros Entertainment. Film yang disutradarai Christoper Nolan ini rilis pada 26 Agustus 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembuat film Tenet, Christopher Nolan, mengatakan bahwa ide filmnya itu pertama kali muncul 20 tahun lalu, ketika ia membuat film Memento. Sutradara kondang ini selalu tertarik untuk mengeksplorasi tema metafisik dalam karyanya.

Dalam Tenet sebagai blockbuster musim panasnya, Nolan membuat aktor John David Washington menjadi agen rahasia yang harus memulai misi yang sangat panjang untuk mencegah Perang Dunia III. Namun, Nolan mengungkapkan inti dari ide tersebut datang kepadanya dua dekade lalu, saat ia mengerjakan film thriller psikologis Memento bersama Guy Pearce.

Baca Juga

"Saya memiliki gagasan tentang peluru yang bisa tertarik keluar lagi ketika ditembakkan ke dinding dan kembali masuk ke dalam laras senjata," kata dia kepada Complex, saat menjelaskan inspirasi di balik penggunaan pembalikan waktu ke tahun 2000, dalam adegan pembuka film.

"Itu adalah gambar yang saya miliki di Memento untuk menunjukkan struktur film itu, tetapi saya selalu memendam ambisi untuk membuat film di mana karakter harus berurusan dengan realitas fisik itu," ungkap dia.

Di satu sisi, menurut Nolan, sebuah ide muncul ketika waktunya tepat untuk itu dan prosesnya sulit untuk diukur. Ia menyebut, ada hal-hal yang dipelajari tentang cara membuat dan semua yang ada di Tenet.

“Menariknya, di permukaannya, semuanya adalah versi aksi atau cara tertentu dalam merekam hal-hal yang telah saya coba sebelumnya dalam bentuk yang berbeda. Kita membangun dari apa yang telah kita lakukan di masa lalu,” tutur dia.

Tenet melampaui 200 juta dolar AS (Rp 2,8 triliun) di box office global. Film ini telah memulai debutnya di puncak Chart Film Resmi Inggris 2020. Film ini mencatat penjualan 149 ribu untuk veri disk dan digital, dan masih menjual lebih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement