Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Ungkap Makna Jaket Biru, Sandiaga Tantang Usaha Lokal

Sabtu 26 Dec 2020 17:35 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha

Presiden Joko Widodo dan enam menteri baru hasil reshuffle. Keenam menteri baru tiba mengenakan jaket berwarna biru.

Presiden Joko Widodo dan enam menteri baru hasil reshuffle. Keenam menteri baru tiba mengenakan jaket berwarna biru.

Foto: LAILY RACHEV/SETPRES/ANTARA
Jaket biru melambangkan kerja keras, kerja cepat, dan integritas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menantang para usaha kreatif di setiap daerah untuk membuat jaket produksi lokal. Hal itu lantaran jaket biru yang digunakan para menteri-menteri baru Presiden Joko Widodo ramai dibicarakan warganet.

Sandiaga mengatakan, jaket yang digunakan itu diberi langsung oleh pihak istana. Warna biru berarti simbol kerja keras, kerja cepat, dan integritas. Adapun desain jaket all weather menyiratkan agar para menteri baru bisa bekerja dalam situasi apapun.

Baca Juga

"Justru saya ingin menantang, mumpung ini lagi hits untuk membangkitkan ekonomi kreatif masing-masing daerah. Tiap daerah bikin jaket begini, melibatkan usaha lokal dengan tambahan ciri-ciri setiap daerah," kata Sandiaga saat berdialog bersama kepala dinas pariwisata daerah secara virtual, Sabtu (26/12).

Sandi menuturkan, pihaknya optimistis melihat kebangkitan usaha kreatif lokal karena sebelum menjabat Menparekraf, dirinya telah rutin berkeliling dan bertemu langsung dengan pelaku UMKM.

Menurut Sandi, para UMKM di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif mengatakan telah siap untuk kembali bangkit pasca tekanan pandemi. Ia pun meminta dukungan dari para kepala daerah untuk menyelamatkan para pekerja di sektor tersebut.

"Harus ada akselerasi, kita harus gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), sekarang gaspol," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA