Sabtu 26 Dec 2020 11:57 WIB

Maaf Benjamin & Israel, Indonesia Masih Cinta Palestina (1)

Indonesia termasuk negara yang ikut terseret isu normalisasi hubungan dengan Israel

Rep: Kamran Dikarma/Teguh Firmansyah/ Red: Elba Damhuri
Fakta di balik normalisasi Maroko dan Israel.
Foto: Aljazirah
Fakta di balik normalisasi Maroko dan Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Politik global sedang diramaikan isu normalisasi sejumlah negara mayoritas penduduk Muslim dengan Israel. Indonesia termasuk negara yang ikut terseret isu normalisasi hubungan dengan Israel itu.

Pada pekan lalu, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan normalisasi Israel dengan negara-negara Arab dan Muslim akan diumumkan lebih cepat.

Baca Juga

Pernyataan Netanyahu ini keluar di tengah spekulasi Indonesia dan/atau Oman yang mungkin akan menormalisasi hubungan dengan Israel. 

“Akan ada lebih banyak negara dan mungkin (normalisasi terjadi) lebih cepat dari yang diharapkan orang,” kata Netanyahu, dilansir di The Jerusalem Post.

Dia berbicara selang sehari setelah delegasi Israel kembali dari Rabat, Maroko. Hubungan antara Israel dan Maroko kembali terjalin setelah absen selama 20 tahun.

Yang sangat jelas menyebut nama Indonesia adalah Menteri Intelijen Israel Eli Cohen. Ia mengatakan tentang kemungkinan kesepakatan dengan Indonesia, Oman, Mauritania, Niger, dan Arab Saudi. 

Ada negara Asia lain yang tidak disebutkan, beberapa orang menganggap negara itu Pakistan.

Sumber diplomatik mengatakan kepada The Jerusalem Post, Indonesia dan Oman adalah negara yang paling mungkin menjalin hubungan dengan Israel. 

BACA JUGA: Maaf Benjamin & Israel, Indonesia Masih Cinta Palestina (3)

 

sumber : Aljazeera/Reuters/Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement