Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Ini Penyebab Banjir Pasteur yang Rendam 3 Mobil dan Bikin Macet

Jumat 25 Dec 2020 19:36 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Ini Penyebab Banjir Pasteur yang Rendam 3 Mobil dan Bikin Macet

Ini Penyebab Banjir Pasteur yang Rendam 3 Mobil dan Bikin Macet

Banjir di Pasteur, Bandung, bukan pertama kali terjadi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung pada Kamis (24/12/2020) menyebabkan banjir di sejumlah titik. Salah satunya yang terdampak adalah di ruas Jalan Dr. Djunjunan alias Pasteur.

Banjir di kawasan tersebut bukan kali pertama terjadi. Pada tahun-tahun sebelumnya, salah satu pintu masuk utama menuju Kota Bandung tersebut juga telah beberapa kali terendam banjir yang berakibat pada lumpuhnya lalulintas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, penyebab banjir pada Kamis sore adalah debit air yang terlampau besar akibat hujan deras. Selain itu, banyaknya sampah yang tersangkut di jaring sampah juga menjadi sumbernya.

"Kalau yang Pasteur, disamping debit air yang sangat besar, ada jaring sampah yang tersumbat sehingga (air) meluap membawa sampah yang banyak kemudian menyumbat tali-tali air," ungkap Didi ketika dihubungi Ayobandung.com, Jumat (25/12/2020).

Ketika tali-tali air tersebut dibersihkan, dia mengatakan, banjir yang menggenangi Pasteur surut dengan cepat. Jaring sampah tersebut terletak di Sungai Cianting.

"Letaknya di samping kantor bank BNI Jalan Babakan Jeruk, Sungai Cianting. Hanya 20 meter dari Jalan Pasteur," ungkapnya.

Dia mengatakan, debit air yang terlampau besar juga menjadi penyebab banjir di Jalan Pagarsih. Tol air yang telah difungsikan belum dapat menampung air hujan yang turun dengan deras.

Untuk itu, pihaknya menyebut akan tetap berfokus pada penanganan banjir dengan memperbesar resapan. Pembangunan kolam retensi hingga sumur imbuhan menjadi hal yang tengah diupayakan.

"Penanganan tetap fokus ke  memperbesar resapan dengan kolam retensi, sumur imbuhan dangkal dan sumur imbuhan dalam. Juga rehabilitasi lahan kritis di hulu," ungkapnya.

Banjir Rendam Mobil

Kota Bandung diguyur hujan deras yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah, salah satunya di depan Mal BTC Pasteur Jalan Dr. Djunjunan, Kamis (24/12/2020). 

Dari pantauan Ayobandung.com di lokasi, ada 3 unit mobil yang terjebak di dalam genangan banjir. Banjir setinggi jendela mobil atau lebih dari 1 meter. 

Banjir mengakibatkan kemacetan panjang menuju tol Pasteur dan yang keluar dari gerbang tol tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA