Jumat 25 Dec 2020 17:17 WIB

Puyol Samakan Lionel Messi dengan Michael Jordan

Semua catatan statistik penampilan dan gol Messi sudah cukup berbicara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi.
Foto: AP / Joan Monfort
Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan bek tengah sekaligus kapten Barcelona, Carlos Puyol, menyebut mantan rekan setimnya, Lionel Messi, memiliki status yang sama dengan legenda NBA, Michael Jordan. Sementara Jordan merupakan pemain basket terbaik sepanjang sejarah, lanjut Puyol, Messi adalah pesepak bola terbaik sepanjang masa.

''Jika Anda bertanya pada saya, siapa Michael Jordan? Saya selalu katakan dia adalah pebasket terbaik sepanjang sejarah. Hal yang sama berlaku buat Messi. Dia memiliki status yang sama seperti Jordan di olahraga basket. Messi adalah pesepak bola terbaik sepanjang masa,'' kata Puyol dalam wawancara dengan Goal seperti dilansir Marca, Kamis (24/12).

Pemain yang memperkuat Barcelona selama karier profesionalnya itu pun sadar, pernyataannya ini dianggap memiliki bias lantaran Messi merupakan mantan rekan setimnya di Barca. Pun dengan suporter Madrid yang menolak Messi sebagai pemain terbaik sepanjang masa.

Namun, Puyol menegaskan, catatan penampilan, jumlah torehan gol, dan berbagai rekor yang telah dipecahkan Messi tidak bisa dikesampingkan begitu saja. ''Semua catatan statistik penampilan dan gol Messi sudah cukup berbicara. Itu merupakan data yang objektif,'' kata mantan pemain yang mempersembahkan enam titel La Liga dan tiga trofi Liga Champions buat Barca tersebut.

Selama ini, Messi kerap menjadi bulan-bulanan kritik terkait performanya bersama timnas Argentina. Kendati bergelimang prestasi dan raihan trofi di level klub bersama Barcelona, tapi pemain berjuluk La Pulga itu belum juga mampu membawa Albiceleste merengkuh prestasi bergengsi. Capaian terbaik Messi kala berseragam Albiceleste adalah medali emas Olimpiade 2008 dan trofi Piala Dunia U-20 pada 2005 silam.

Kendati begitu, Puyol tetap optimistis, pengoleksi enam titel Ballon d'or itu bisa membawa timnas Argentina ke puncak kejayaan. ''Dia masih bisa mempersembahkan sesuatu buat Argentina. Meski saya bukan orang Argentina, tapi saya akan ikut senang apabila dia bisa melakukannya. Saya rasa, dia berhak mendapatkannya dan tengah berusaha mewujudkannya,'' ujar Puyol.

Tidak hanya itu, Puyol pun berharap, Messi bisa menandatangani perpanjangan kontrak dan bertahan bersama tim asal Katalan tersebut. Puyol menyebut, Barcelona masih bisa meraih sejumlah prestasi dengan kehadiran Messi.

Sebelumnya, kelanjutan kiprah Messi dikabarkan bakal segera berakhi setelah polemik keinginan Messi untuk hengkang pada awal musim ini, hingga kini belum ada sinyal perpanjangan kontrak pemain berusia 33 tahun tersebut. Kontrak Messi bersama Barca memang akan habis pada akhir musim ini atau pada 30 Juni 2021 mendatang.

''Saya yakin, Barcelona yang dipimpin Messi masih bisa meraih trofi. Dia telah memecahkan berbagai rekor di Barcelona. Saya tidak tahu, apakah ada pemain lain yang bisa memecahkan rekor-rekornya pada masa mendatang. Dia telah menetapkan standar yang begitu tinggi,'' jelas Puyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement