Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Hari Pelantikan, Sandi Pesan Batik dari Padang Panjang

Jumat 25 Dec 2020 06:16 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Fuji Pratiwi

Perajin mengerjakan pembuatan masker batik di sanggar batik Canting Buana Kreatif di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (ilustrasi).  Pada hari pelantikan sebagai Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dikabarkan memesan batik dari Canting Buana di Kota Padang Panjang.

Perajin mengerjakan pembuatan masker batik di sanggar batik Canting Buana Kreatif di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (ilustrasi). Pada hari pelantikan sebagai Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dikabarkan memesan batik dari Canting Buana di Kota Padang Panjang.

Foto: Iggoy el Fitra/ANTARA
Hal tersebut konon sebagai dukungan terhadap pengerajin batik.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno selama ini dikenal punya kedekatan dengan Provinsi Sumatra Barat. Pada hari ia dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menparekraf baru menggantikan Wisnutama Kusubandio, Sandi memesan batik dari Canting Buana di Kota Padang Panjang.

"Batik kami dipesan tim Bapak Sandi beberapa waktu sebelumnya. Kebetulan kami kirimkan di hari pelantikan Pak Sandi sebagai menteri," kata Pemilik Batik Canting Buana, Widdi Yanti, Kamis (24/12).

Widdi berharap batik karya Canting Buana dapat dikenal lebih luas. Ia berharap dapat mengenalkan batik ini kepada seluruh pelosok negeri.

Baca Juga

Ia menyebut ada empat motif batik dan corak berbeda yang dipesan Sandi. Yakni motif rangkiang, motif rumah adat, motif kontemporer, dan gaya tradisi.

Nantinya batik Canting Buana ini menurut Widdi akan dibantu dipromosikan oleh Sandi.

Hal tersebut, lanjut Widdi, sebagai bentuk dukungan Sandi terhadap pengerajin batik tulis maupun batik cap. "Katanya batik tersebut akan dijahit dan dipakai serta dibuatkan videonya. Jadi kami sedang menunggu kabar tersebut," ujar Widdi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA