Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Sandiaga Dinilai Mampu Tingkatkan Kualitas UMKM

Jumat 25 Dec 2020 03:07 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Foto: Antara/BPMI Setpres/Muchlis Jr
Sandiaga dinilai punya kapasitas menjadi Menparekraf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indonesia Political Studies (IPS) Alfarisi Thalib menilai Sandiaga Uno memiliki kapasitas menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Menurutnya, Sandiaga memiliki keahlian di leading sektor kementerian tersebut karena sejak lama konsisten bergerak meningkatkan kualitas UMKM.

"Penunjukkan Sandi Uno sebagai Menparekraf oleh Presiden Jokowi pada reshuffle kabinet ini sudah sangat tepat dan merupakan harapan baru bagi dunia pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi Covid-19 saat ini," kata Alfarisi dalam keterangan Kamis (24/12).

Dia berpendapat bahwa mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu dapat mengembangkan kapasitas pelaku usaha kreatif. Menurutnya, Sandiaga juga dapat mendorong produk-produk olahan ekonomi mikro dan kecil agar dapat menembus pasar Internasional.

Baca Juga

Dia berharap keahlian dan pengalaman itu dapat berguna mendeteksi masalah-masalah yang sedang terjadi dan merumuskan kebijakan yang inovatif. Menurutnya, Sandiaga harus dapat mengambil langkah-langkah yang tepat sasaran dalam memajukan parekraf terutama di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

Faris melanjutkan, untuk bisa mempercepat pemulihan dan normalisasi parekraf akibat Covid-19 diperlukan sosok milenial, profesional dan berpengalaman. Namun, membuat gebrakan-gebrakan inovasi juga dibutuhkan bagi dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya untuk bisa melawan Pandemi Covid-19 saat ini, diperlukan kolaborasi semua anak negeri tanpa harus membeda-bedakan kelompok, partai atau kepentingan politik tertentu. Dia mengatakan, semuanya harus bekerjasama memikirkan dan berkontribusi untuk melewati krisis yang terjadi.

"Semuanya harus dirangkul baik dari partai atau pihak oposisi maupun kelompok masyarakat yang berseberangan dengan pemerintah," katanya.

Seperti diketahui Sandiaga Uno dilantik Jokowi sebagai Menparekraf di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (23/12). Selain Sandiaga, Jokowi juga melantik lima menteri lainnya antara lain Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan dan M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA