Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Satu Adab Kerap Terlupakan Saat Membaca Alquran 

Kamis 24 Dec 2020 23:20 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat adab yang kerap terlupakan saat membaca Alquran. Membaca Alquran (ilustrasi)

Terdapat adab yang kerap terlupakan saat membaca Alquran. Membaca Alquran (ilustrasi)

Foto: Muhammad Rizki Triyana (Republika TV)
Terdapat adab yang kerap terlupakan saat membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terdapat adab-adab yang perlu diperhatikan umat Muslim dalam membaca Alquran. Adab dalam hal ini sangatlah penting, sebab yang dibaca sejatinya adalah kalamullah yang suci.

Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho Muhammad menjelaskan, sebagian ulama tidak menyukai apabila terdapat orang yang membaca Alquran di tempat-tempat yang tidak menyenangkan. 

Baca Juga

Seperti di kamar mandi, tempat pemandian, dan juga jalanan. Disunnahkan hukumnya untuk membaca Alquran di tempat yang sudi dan bersih serta paling bagus, yakni masjid.

“Sebagian ulama tidak senang kalau ada orang yang membaca Alquran di padusan hangat (pemandian air hangat/kamar mandi) dan juga jalan raya. Kenapa? Karena dia tidak akan berkonsentrasi jika di jalan raya, dan tidak elok jika (membaca) di kamar mandi),” kata Kiai Ahsin dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center, Kamis (24/12).

Khusyuk dan berkonsentrasi dalam membaca Alquran menjadi penekanan yang krusial. Sebab, kata beliau, amalan yang pertama kali diangkat Allah adalah tentang kekhusyukan sebagaimana yang disampaikan Nabi Muhammad SAW.

Beliau menjelaskan, makna khusyuk sendiri adalah menghayati apa yang ia baca. Sehingga seseorang yang membaca Alquran dalam kondisi khusyuk akan meresapi makna dari setiap huruf yang dibaca. 

Namun apabila seseorang tidak memahami makna Alquran, kata beliau, khusyuk dalam membaca Alquran dapat dimaknai sebagai bentuk kesadaran atas penghormatan terhadap apa yang sedang dibaca.

“Diam dengan penuh penghormatan, artinya dia itu memposisikan diri dia membaca kalamullah. Sing bagus jangan bawa handphone kalau sedang baca Alquran, biar fokus. Jangan sampai Alquran dikalahkan dengan kesibukan Hp, walaupun ya (handphone) tidak haram,” ujarnya.

Tak hanya itu, adab yang perlu diperhatikan dalam membaca Alquran adalah menghadap ke kiblat. Menghadap ke kiblat saat membaca Alquran, kata beliau, dihukumi sunah. Setelah itu, disunahkan juga untuk bersiwak dan berwudhu agar mulut menjadi bersih saat mengucapkan setiap huruf dalam Alquran.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA