Kamis 24 Dec 2020 21:54 WIB

Isolasi Selama Pandemi Jadi Berbahaya Bagi Lansia

Kesepian dan isolasi berdampak buruk pada kesehatan mental lansia

Rep: Mabruroh/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Lansia
Foto: pixabay
Ilustrasi Lansia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pakar kesehatan mengatakan, lebih penting daripada sebelumnya di musim liburan ini untuk menjangkau mereka para lanjut usia (lansia). Kesepian dan isolasi, menurut pakar kesehatan justru berdampak buruk pada kesehatan mental mereka, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kesehatan fisiknya.

"Cara yang baik untuk memikirkannya adalah cadangan mereka lebih sedikit daripada individu yang lebih muda, yang lebih kuat. Jika mereka kehilangan keterampilan fisik atau kehilangan keterampilan kognitif, maka menjadi lebih sulit bagi mereka untuk melakukan semuanya sendiri," kata Dr. Angela Catic dari Baylor College of Medicine's Huffington Center on Aging, dilansir dari NBC DFW, Kamis (24/12).

 

Menurut Catic, sangat penting untuk memeriksa teman dan keluarga lansia terutama pada musim liburan ini. Minimal melakukan panggilan telepon, atau melakukan kunjungan jendela dan memberikan makanan. Ini dapat membuat perbedaan besar.

 

“Tak satu pun dari kita ingin dipisahkan dari orang yang kita cintai, terutama orang dewasa yang lebih tua dalam kehidupan kita di hari raya. Tapi saya pikir, kita melihat harapan di ujung sana. Kita benar-benar harus melalui musim liburan ini dengan aman," tambah Catic.

 

Karena itu, kepada para lansia tidak cukup hanya melindungi kesehatan mereka dari virus dengan cara isolasi. Tetapi, perlu juga menjaga kesehatan mental mereka dengan tetap memberikan perhatian.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement