Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

PLTS Hybrid Siap Dukung Ketersediaan Listrik Kota Sabang

Kamis 24 Dec 2020 06:57 WIB

Rep: intan pratiwi/ Red: Hiru Muhammad

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) akan segera mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) untuk Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) akan segera mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) untuk Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

Foto: Istimewa
Tantangan dalam melakukan revitalisasi PLTS ini adalah cuaca yang kurang mendukung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid di Kota Sabang, Provinsi Aceh yang direvitalisasi pada tahun ini telah memasuki tahap komisioning dan ditargetkan siap beroperasi pada bulan Januari 2021. Merupakan proyek infrastruktur EBT yang dibangun menggunakan anggaran Kementerian ESDM pada tahun 2015, berkapasitas 350kWp. Karena mengalami kerusakan dalam pengoperasiannya, pembangkit tersebut diajukan oleh Pemerintah Daerah setempat untuk diperbaiki dan masuk dalam program revitalisasi oleh Pemerintah Pusat.

“PLTS Hybrid 350 kWp ini merupakan infrastruktur yang dibangun KESDM tahun 2015 dan masuk dalam program revitalisasi karena mengalami kerusakan. Revitalisasinya telah selesai. Uji Layak Operasi (ULO) dilaksanakan pada tanggal 20-21 Desember ini,” ungkap Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, L.N. Puspa Dewi, Kamis (24/12).

Turut hadir pada proses pemeriksaan antara lain Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TEK KEBTKE), perwakilan Setda Kota Sabang, dan perwakilan PT. PLN Rayon Kota Sabang.

P3TEK KEBTKE merupakan Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian ESDM yang ditugaskan melaksanakan revitalisasi PLTS Hybrid Kota Sabang. Pihak P3TEK KEBTKE menyampaikan optimisme keberhasilan pengujian pada sistem PLTS ini.

 

“Sampai saat ini sudah memperbaiki, menginstalasi dan alhamdulillah PLTS ini dapat beroperasi lagi dan ini statusnya dalam tahap komisioning. Tantangan dalam melakukan revitalisasi PLTS ini adalah cuaca dimana untuk saat ini cuaca kurang mendukung sehingga kami belum sempat bisa untuk menguji sistem PLTS-nya, kami optimis pengujian PLTS Cot Abeuk kapasitas 350 KWp bisa sukses," tutur Krisnawan Aditya, Kepala P3TEK KEBTKE.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Kota Sabang Rinaldi Saputra menyampaikan harapannya atas pemanfaatan PLTS Hybrid bagi masyarakat sekitar. Ia berharap, keberadaan PLTS ini dapat mendukung ketersediaan listrik di daerah tersebut dan mengurangi kendala-kendala kelistrikan disana sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Nanti dengan PLN kami akan mencoba bekerjasama dengan PLTS ini yang mana nantinya akan dihibahkan ke Pemda Kota Sabang. Kembali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM yang telah membangun PLTS di Kota Sabang," katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA