Rabu 23 Dec 2020 17:43 WIB

Kakorlantas Polri: Kapasitas Rest Area Hanya 50 Persen

Penerapan pembatasan di rest area akan dijaga ketat oleh petugas polantas.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono (tengah)
Foto: Dok. Kor
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono melakukan tinjauan langsung ke tempat peristirahatan atau rest area KM57 tol Jakarta-Cikampek. Istiono hendak memastikan, penerapan kapasitas 50 persen di rest area diberlakukan secara ketat selama pelaksanaan pengamanan libur natal dan tahun baru 2021. 

Rest area ini sudah kita koordinasikan dengan pengelola serta dikondisikan oleh Polda Jawa Barat bahwa kapasitas di rest area ini hanya 50 persen,” kata Istiono dalam keterangan pers, Rabu (23/12). 

Baca Juga

Kakorlantas mengatakan, penerapan pembatasan 50 persen kapasitas rest area di KM57 tol Jakarta-Cikampek akan dijaga ketat oleh petugas polantas. Menurut dia, itu dilakukan dengan tujuan mencegah kerumunan yang mengakibatkan penyebaran Covid-19. 

Istiono mengungkapkan, jika rest area di KM57 sudah mencapai 50 persen maka pengemudi tidak boleh memasuki ke rest area tersebut. Pengemudi yang tak diperbolehkan masuk kemudian akan diarahkan untuk menuju ke rest area selanjutnya. 

“Bila sudah 50 persen kita nilai cukup, ini akan kita tutup dan dilanjutkan ke rest area lainnya. Ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujar dia. 

Istiono juga meninjau pos pengamanan terpadu Covid-19. Di rest area itu disediakan posko untuk masyarakat yang hendak melakukan tes cepat antigen. 

Dia bersama dinas kesehatan setempat bekerja sama untuk melakukan cek acak tes cepat antigen terhadap pengemudi yang singgah di rest area KM 57 tol Jakarta-Cikampek. “Pada rest area ini sudah dibuatkan pos kesehatan yang memeriksa random PCR antigen yang telah dilaksanakan. Mudah-mudahan ini dapat mencegah penyebaran Covid-19,” kata dia. 

Dia merasa yakin kesadaran masyarakat untuk mengetahui kesehatannya cukup tinggi. Dengan kesadaran akan kesehatan yang cukup tinggi, dia percaya akan banyak masyarakat yang akan mengikuti tes cepat antigen yang disediakan di rest area secara gratis. 

“Saya yakin sebentar lagi banyak lagi akan dengan kesadaran memeriksakan dirinya dengan Swab antigen ini. Dengan demikian, titik-titik rest area bagaimana mampu menekan penyebaran Covid-19,” jelas dia. 

Kakorlantas kemudian mengimbau kepada para pemudik di libur akhir tahun ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Dengan demikian, liburan akhir tahun pun aman dari penyebaran Covid-19.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement