Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

PASI Sumbar Targetkan Dua Emas di PON 2021

Rabu 23 Dec 2020 17:45 WIB

Red: Agung Sasongko

Seorang atlit atletik(Ilustrasi)

Seorang atlit atletik(Ilustrasi)

Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
PASI Sumbar menargetkan dua emas sama dengan raihan pada PON 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Barat (Sumbar) Sengaja Budi Syukur berharap gubernur terpilih tetap memberikan dukungan pada kompetisi regional sebagai salah satu media untuk pencarian bakat atlet.

"Kompetisi regional seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) hingga Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) merupakan event pencarian bakat atlet. Dari situlah dimulainya perjalanan untuk menjadi atlet nasional," kata Budi usai dikukuhkan sebagai Ketua PASI Sumbar periode 2020-2021 di Padang, Rabu (23/12).

Baca Juga

Jabatan Gubernur Sumbar periode 2015-2020, Irwan Prayitno-Nasrul Abit akan berakhir pada Februari 2021. Setelah itu, gubernur terpilih Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy akan dilantik memimpin Sumbar.

Menurut dia, selain dua event regional itu juga ada event nasional, namun untuk melangkah ke leveltersebut butuh anggaran besar.

"Karena itu yang paling logis itu ya di event regional," katanya menambahkan.

Budi Syukur mengaku selama ini koordinasi antara insan olahraga dengan pemerintah daerah sangat baik. Kejuaraan juga berjalan baik dan benar-benar mampu menelurkan bibit atlet yang bisa mengharumkan nama daerah.

Ia menyebut secara fasilitas, Sumbar sebenarnya cukup baik, namun memang belum memenuhi standar internasional. Meski demikian tidak sedikit atlet nasional yang lahir dari Ranah Minang.

"Artinya di tengah keterbatasan, dengan koordinasi yang baik dan semangat, kita tetap bisa bersaing," katanya menegaskan.

Terkait PON 2021, Budi Syukur mengatakan PASI Sumbar menargetkan dua emas sama dengan raihan pada PON 2016 Jawa Barat.

Ia meyakini target itu akan tercapai, bahkan bisa melebihi ekspektasi karena atlet atletik potensial saat ini cukup banyak untuk dipoles menjelang kejuaraan empat tahunan itu dilaksanakan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA