Rabu 23 Dec 2020 17:17 WIB

Rionny Mainaky Jadi Kabid Binpres PBSI 2020-2024

Rionny Mainaky dipilih karena pengalamannya yang tak diragukan.

Bulu Tangkis (ilustrasi)
Foto: dokpri
Bulu Tangkis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pelatih tunggal putri Rionny Mainaky ditunjuk menjadi Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI periode 2020-2024, Rionny resmi menggantikan Susy Susanti yang sebelum mengisi posisi ini pada era kepemimpinan Wiranto.

Pada konferensi pers pengumuman susunan kepengurusan baru, Ketum PBSI Agung Firman Sampurna mengatakan Rionny Mainaky dipilih karena pengalamannya yang tak diragukan sebagai pelatih, baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca Juga

“Kami mencari profil pelatih yang mempunyai pengalaman melatih internasional dan mempunyai visi yang sejalan dengan kami. Dan Rionny Mainaky punya pengalaman 23 tahun melatih di Jepang,” kata Agung.

Rionny sudah malang melintang sebagai pelatih dan sempat melatih klub hingga tim nasional Jepang.

Kakak Rexy Mainaky itu sukses membangun bulu tangkis di Negeri Sakura dengan mengangkat prestasi ganda putra Jepang sejak 2010.

Dia juga berhasil mengantarkan ganda putra Takeshi Kamura/Keigo Sonoda menduduki peringkat ketiga dunia dan pasangan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe peringkat lima dunia.

​​​​​​​Rionny juga berpengalaman menangani ganda putri, campuran, tunggal putra dan tunggal putri di berbagai klub Jepang.

Ganda putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi bahkan sukses merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di bawah kepelatihan Rionny.

“Kami berharap dapat mendapatkan informasi hal-hal apa yang dapat menjadi pelajaran yang bisa dipraktikkan di sini. Apalagi PBSI punya target besar yaitu merebut kembali supremasi bulu tangkis Indonesia di dunia,” kata pria yang menjabat Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu.

Mengenai nasib pelatih tunggal putri apakah masih akan dipegang Rionny, Agung mengaku akan terlebih dahulu melakukan evaluasi sebelum menentukan susunan pelatih baru.

“Kami akan dengarkan bagaimana rencana pengembangannya. Yang sekarang profilnya sudah kita dapatkan. Tapi soal detail bagaimana susunan pelatih kan informasi pelatihnya perlu kita dapatkan dulu termasuk target-target mana yang akan kita kembangkan dan strateginya seperti apa,” kata dia.

Rionny membawahi sub bidang pelatnas yang diketuai Eddy Prayitno, sub bidang pengembangan daerah yang dipimpin Ricky Soebagdja, dan sub bidang pengembangan sport science yang dijabat Iwan Hermawan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement