Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Fasilitas Perawatan Pasien Covid, Ariza: Jangan Khawatir...

Rabu 23 Dec 2020 16:05 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA
Masyarakat untuk tidak khawatir lantaran kapasitas isolasi mandiri yang hampir penuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapasitas perawatan pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat telah penuh. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan, pihaknya akan menyediakan fasilitas perawatan di lokasi lainnya.

"Jangan khawatir, sekalipun Wisma Atlet mulai mendekati angka penuh, tapi kami pastikan semua tersedia, cukup, dan kami juga menyiapkan ada wisma yang sudah disiapkan," kata Ariza di Jakarta, Rabu (23/12).

Ariza mengatakan, lokasi lainnya itu merupakan wisma di Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bahkan, kata dia, jika memungkinkan, Pemprov DKI akan menyiapkan sejumlah gelanggang olahraga (GOR) sebagai tempat isolasi mandiri.

"Bahkan bila dimungkinkan juga kami sudah siapkan GOR-GOR di Jakarta sebagaimana arahan gubernur. Prinsipnya di Jakarta juga kami banyak pusat pendidikan latihan, tempat yang dimungkinkan bagi pasien Covid," ujarnya.

Meski demikian, dia tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah kapasitas isolasi mandiri yang disiapkan oleh pihaknya. Ariza hanya meminta masyarakat untuk tidak khawatir lantaran kapasitas isolasi mandiri yang hampir penuh. 

Dia menuturkan, Pemprov DKI selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Pusat untuk memastikan ketersediaan perawatan pasien.

"Jadi tidak usah khawatir, berbagai fasilitas kami siapkan. Mulai dari RS, laboratorium, tempat tidur, ruang ICU, obat-obatan, vitamin, tenaga kesehatan dan berbagai kebutuhan lain bagi pasien covid," ungkap dia.

"Jadi kami pastikan berbagai fasilitas di Jakarta akan tersedia dan selalu siap," sambungnya.

Sebelumnya, RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, tak lagi menerima pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG) sejak Sabtu (19/12). Alasannya, kapasitas tempat perawatan untuk pasien bergejala sudah mencapai 75 persen. Tempat perawatan pasien bergejala juga telah menggunakan tower yang seharusnya diperuntukkan bagi pasien OTG.

"Sudah dari Sabtu (tidak terima pasien OTG). Karena kita tower IV, VI, dan VII yang untuk bergejala itu sudah di atas 75 persen," jelas Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Kemayoran, Letkol Laut Muhammad Arifin, kepada Republika, Senin (21/12).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA