Rabu 23 Dec 2020 16:03 WIB

Komisi Fatwa MUI Ingatkan Pekerjaan Rumah Menag Baru

Menag baru diingatkan pekerjaan rumah oleh MUI.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Komisi Fatwa MUI Ingatkan Pekerjaan Rumah Menag Baru. Foto:  Gus Yaqut saat sungkem ke orang tua sebelum mengikuti pelantikan menteri baru di Istana Merdeka.
Foto: Tim Gus Yaqut
Komisi Fatwa MUI Ingatkan Pekerjaan Rumah Menag Baru. Foto: Gus Yaqut saat sungkem ke orang tua sebelum mengikuti pelantikan menteri baru di Istana Merdeka.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --- Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Asrorun Niam Sholeh memberikan ucapan selamat kepada KH Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut yang telah dilantik sebagai Menteri Agama yang baru menggantikan Fachrul Razi. Kiai Niam meminta Gus Yaqut dapat menyelesaikan masalah-masalah keagamaan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.

"Ahlan wa sahlan Menteri Agama Gus Yaqut. PR kita yang mendesak dalam masalah keagamaan adalah membangun harmoni di tengah keberbedaan, mengonsolidasikan seluruh kekuatan umat beragama menjadi harmonis dan terkoordinasi, menjadi modal sosial untuk bangkit bersama," jelas kiai Niam dalam pesan yang diterima Republika, Rabu (23/12).

Baca Juga

Kiai Niam menjelaskan, perbedaan merupakan sunatullah. Menurutnya tugas Menag dan seluruh elemen bangsa untuk mencari titik temu sebanyak mungkin untuk membangun kebersamaan di tengah keragamaan bukan mengeksploitasi dan memperuncing perbedaan.

"Terhadap masalah yang tidk mungkin disatukan, harus ada ikhtiar mmbangun kesepahaman dan toleransi," katanya. 

Selain itu kiai Niam memberikan catatan agar Gus Yaqut dapat memimpin dengan  mengarusutamakan moderasi bergama di tengah tarikan-teriakan ideologi ekstrem, baik kanan maupun kiri.

"Selamat atas amanah yang diberikan, selamat bekerja untuk kemaslahatan umat dan bangsa," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement