Rabu 23 Dec 2020 12:07 WIB

Wamenkes: Vaksinasi Secepat Mungkin untuk Herd Immunity

Masalah vaksinasi, harus didahulukkan realisasinya.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Mas Alamil Huda
Dante Saksono Harbuwono.
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Dante Saksono Harbuwono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyatakan, ada dua poin penting yang harus segera dikejar setelah ia bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi. Pertama, ujarnya, Kemenkes perlu mempercepat realisasi anggaran. 

Presiden Jokowi, ujarnya, menekankan pesan bahwa serapan anggaran oleh seluruh kementerian harus seefektif mungkin. Alasannya, belanja kementerian menjadi salah satu motor penggerak utama ekonomi nasional dan mendorong daya beli masyarakat. 

"Yang kedua adalah masalah vaksinasi, harus didahulukkan realisasinya. Karena dengan melakukan vaksinasi secepat mungkin maka kita akan bisa memperoleh herd immunity yang lebih baik," kata Dante usai dilantik, Rabu (23/12). 

Dante adalah spesialis endokrinologi dan ahli molekular diabetes pertama di Indonesia. Lulusan FKUI berusia 47 tahun ini punya rekam jejak cukup panjang di bidang medis. Ia menjabat sebagai Komisaris Pertamina Bina Medika yang merupakan holding RS BUMN. Dante juga menjadi pengurus besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, menjabat wakil ketua. 

Dante juga pernah mendapat sejumlah penghargaan internasional, di antaranya adalah Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada 2013 an Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Jepang pada 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement