Rabu 23 Dec 2020 08:44 WIB

Jokowi akan Lantik 6 Menteri di Istana Merdeka Pagi Ini

Jokowi baru mengumumkan perombakan kabinet dengan memasukkan 6 menteri baru

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Jokowi baru mengumumkan perombakan kabinet Indonesia maju dengan memasukkan 6 menteri baru.
Jokowi baru mengumumkan perombakan kabinet Indonesia maju dengan memasukkan 6 menteri baru.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Jokowi akan melantik 6 orang menteri pengganti atau baru di kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020) pagi ini. Pelantikan akan dilakukan di Istana Merdeka.

Jokowi baru mengumumkan perombakan kabinet Indonesia maju dengan memasukkan 6 menteri baru.

Keenam orang itu adalah, pertama, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang didapuk menjadi menteri sosial menggantikan Juliari Batubara, yang kini menjadi tersangka KPK dalam perkara dugaan penerimaan suap terkait bantuan sosial untuk wilayah Jabodetabek 2020.

"Pelantikan akan dilaksanakan insyaallah besok pagi," kata Jokowi, di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Kedua, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, yang ditetapkan sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, menjadi menteri kesehatan menggantikan dr Terawan Agusputranto. Lazimnya menteri kesehatan adalah seorang berlatar ilmu kedokteran atau kesehatan masyarakat. Sadikin bukan seorang dokter melainkan pengusaha dan sebelumnya menjadi direktur utama Bank Mandiri dan direktur utama PT Asahan Alumnunium.

Keempat, Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama menggantikan Letnan Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi. Menteri baru ini adalah ketua Gerakan Pemuda Ansor yang berada di bawah Nahdlatul Ulama.

Kelima, Wakil Menteri Pertahanan Sakti, Wahyu Trenggono, menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka KPK dalam kasus dugaan penerimaan suap terkait penetapan izin ekspor benih lobster.

Kelima, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, M Lutfi, didapuk menjadi menteri perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Luthfi diketahui pernah menjadi menteri perdagangan pada Februari-Oktober 2014 setelah sebelumnya menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang pada 2010-2013.

Saat diperkenalkan ke publik, keenam menteri baru itu mengenakan kemeja putih dan jaket biru.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement