Selasa 22 Dec 2020 23:43 WIB

Real Madrid Dukung Pembentukan Liga Super Eropa

Reformasi sepak bola tidak bisa ditunda lagi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Florentino Perez
Foto: EPA
Florentino Perez

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID --Presiden Real Madrid Florentino Perez, meyakini kalau sepak bola harus merangkul prospek Liga Super Eropa. Dengan dominasi satu atau beberapa tim di beberapa negara Eropa, ada kekhawatiran serius soal kelangsungan hidup sepak bola domestik, khususnya akibat pandemi Covid-19, yang menghancurkan keuangan banyak klub.

Perez mengatakan, Liga Super, yang digadang-gadang diisi oleh klub-klub besar, jadi solusi yang mesti dipertimbangkan matang-matang. Menurutnya, pandemi mewajibkan sepak bola untuk lebih kompetitif, inovatif dan memastikan formula agar sepak bola tetap menarik.

Baca Juga

''Real Madrid ambil bagian dalam FIFA dan Kompetisi Eropa, dan model (kompetisi) saat ini butuh penyegaran, sebagai dampak yang disebabkan Covid-19. Sepak bola butuh momentum baru dan Real Madrid akan ada di sana,'' ucap Perez, dikutip dari Goal, Selasa (23/12).

Perez menyatakan pertandingan yang lebih sedikit akan meningkatkan kualitas penampilan sepak bola. Ia menilai ada kejenuhan yang luar biasa dan fan, yang merupakan faktor penting dalam sepak bola, juga banyak yang menderita akibat pandemi. Selain itu, jadwal yang padat membuat pesepak bola rentan cedera.

''Reformasi sepak bola tidak bisa ditunda lagi. Klub besar di Eropa punya jutaan fan dan mereka tidak bisa mengesampingkan mereka,'' ujar Perez. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement