Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Apa Itu Mobile Marketing?

Rabu 23 Dec 2020 05:46 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Apa Itu Mobile Marketing?. (FOTO: Unsplash/Marvin Meyer)

Apa Itu Mobile Marketing?. (FOTO: Unsplash/Marvin Meyer)

Apa Itu Mobile Marketing?

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Apakah Anda membaca postingan menggunakan perangkat seluler? Saat ini, sebanyak 80% pengguna internet memiliki smartphone. Baik pemasar maupun konsumen pasti memulai layanan web melalui ponsel mereka.

Pemasar digital khususnya perlu dengan giat menjalankan kampanye pemasaran mereka melalui ponsel karena mereka tahu bahwa pengguna seluler adalah pembeli yang termotivasi.

Menurut Salesforce, sekitar 68% perusahaan telah mengintegrasikan pemasaran seluler ke dalam strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Semakin awal Anda dapat menjangkau mereka, dan menyelesaikan masalah mereka, semakin banyak hasil yang akan Anda dapatkan dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Apa Itu Social Media Marketing?

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa dalam membangun bisnis online yang sukses memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah mengetahui cara berinteraksi dengan calon pelanggan di berbagai platform dan perangkat.

Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil yang terbaik dari ponsel, tetapi juga pemahaman yang baik tentang cara kerja pemasaran seluler yang akan membuat Anda memiliki kendali penuh atas pemasaran Anda. Untuk itu, saya membantu Anda memulainya dengan definisi singkat mengenai apa itu mobile marketing dan bagaimana cara mengoptimalkannya untuk bisnis Anda.

Definisi Mobile Marketing

Mobile marketing atau pemasaran seluler adalah strategi pemasaran digital multi-saluran yang ditujukan untuk menjangkau target konsumen di smartphone, tablet, dan perangkat seluler lainnya, melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, pelanggan mulai mengalihkan perhatian mereka ke ponsel. Karena itu, pemasar melakukan hal yang sama untuk menciptakan keterlibatan omnichannel yang sebenarnya. Saat ini teknologi menjadi lebih terfragmentasi, begitu pula halnya dengan pemasaran. Untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian pembeli potensial, konten harus dibuat strategis dan sangat dipersonalisasi.

Ketika berbicara mengenai pemasaran seluler, ini berarti Anda perlu menggunakan perangkat dan memanfaatkan pemasaran melalui SMS atau MMS serta aplikasi seluler lainnya. Pemasaran seluler adalah bagian penting dari teka-teki ketika harus membangun rencana pemasaran jangka pendek atau jangka panjang.

Dari email, hingga iklan bayar per klik (PPC), optimisasi mesin pencari (SEO), pemasaran konten, dan pemasaran media sosial. Terdapat banyak saluran pemasaran seluler untuk menjangkau setiap pelanggan Anda. Agar pemasaran seluler bisa berjalan efektif, Anda perlu menyusun pengalaman kohesif yang diharapkan pelanggan, dan itu bisa menjadi tantangan nyata saat Anda bekerja untuk mendapatkan, melibatkan, dan mempertahankan pengguna di berbagai platform.

Manfaat Mobile Marketing

Dibandingkan dengan bentuk pemasaran lainnya, pemasaran seluler memiliki beberapa manfaat yang signifikan.

• Pesan teks itu mudah dan relatif murah. Jika kita memperhitungkan metode periklanan tradisional seperti iklan TV atau iklan cetak, SMS jelas lebih murah. Format iklan seperti PPC atau kampanye pemasaran email, pesan teks cukup mudah dikirim dan tidak memerlukan keahlian teknis.

• SMS memiliki CTR yang tinggi. Karena orang menganggap komunikasi melalui perangkat seluler mereka lebih pribadi daripada mengirim email misalnya, mereka lebih sering memeriksa ponsel mereka dan tidak akan pernah mengabaikan pesan. Pengguna hanya membagikan nomor telepon mereka dengan perusahaan favorit mereka, jadi mereka sudah pasti menunggu promosi dari bisnis Anda.

• Sangat berguna untuk bisnis lokal. Perusahaan lokal dapat dengan mudah memberitahu pelanggan setia mereka tentang penawaran menarik, kedatangan produk terbaru, dan penawaran khusus melalui SMS. Klien tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk mampir dan melihat penawaran dari bisnis Anda.

Jenis-Jenis Mobile Marketing

Ada berbagai teknik pemasaran seluler yang dapat dicoba untuk sebuah bisnis. Faktor-faktor seperti anggaran, industri spesifik, dan segmen pelanggan menentukan keberhasilan strategi tersebut. Karena itu, di bawah ini adalah beberapa opsi pemasaran seluler:

A. Pemasaran aplikasi seluler. Aplikasi seluler membantu bisnis untuk menyertakan iklan dalam desain aplikasi seluler tertentu. Facebook adalah contoh aplikasi yang bagus untuk menaruh iklan.

B. Iklan dalam game. Pendekatan ini mengacu pada semua iklan di perangkat seluler yang muncul saat game tertentu dibuka atau sedang berlangsung. Iklan ini dapat muncul sebagai iklan gambar penuh, pop-up banner, atau iklan video yang muncul selama layar pemuatan (loading screen).

C. Quick-response barcode (kode QR). Kode ini dipindai menggunakan kamera ponsel, dan kemudian pelanggan diarahkan ke situs terkait sehingga mereka dapat melihat lebih banyak informasi mengenai brand tertentu.

D. Iklan spanduk seluler. Spanduk ini hampir sama dengan yang ada di desktop, hanya saja spanduk tersebut cukup kecil untuk muat di layar perangkat seluler.

E. Proximity atau Bluetooth marketing. Dengan pendekatan ini, konsumen mendapatkan iklan khusus yang diaktifkan dari Bluetooth perangkat mereka.

F. Voice marketing. Pendekatan ini adalah disaat bisnis menggunakan komputer yang diproduksi dan panggilan otomatis untuk mempromosikan barang atau jasa mereka. Terserah pelanggan untuk memutuskan apakah akan menutup telepon atau mendengarkan panggilan telepon.

G. Pemasaran SMS. Metode pemasaran seluler ini sejauh ini adalah yang paling umum. Pemasar menggunakan media ini untuk menjangkau pelanggan dengan penawaran dan informasi relevan lainnya melalui gadget seluler mereka. SendPulse memungkinkan dengan menawarkan fitur profesional untuk pemasaran seluler yang efektif.

Cara Mengoptimalkan Mobile Marketing

Mobile marketing atau pemasaran seluler adalah strategi jangka pendek dan jangka panjang, dan untuk membuat program yang sukses, ada langkah-langkah tertentu yang harus Anda ikuti.

Langkah 1: Buat persona pembeli seluler. Memahami pelanggan Anda adalah langkah pertama untuk strategi pemasaran jenis apa pun, dan persona pembeli adalah alat yang berharga untuk membantu pemahaman itu. Persona pembeli adalah representasi fiktif dari berbagai jenis pelanggan Anda. Buat profil yang menjelaskan latar belakang masing-masing, deskripsi pekerjaan, sumber informasi utama, tujuan, tantangan, jenis konten yang disukai, dan peran dalam proses pembelian.

Lebih mudah untuk menentukan saluran dan suara untuk pesan pemasaran Anda ketika Anda memiliki gambaran yang jelas tentang target pelanggan Anda. Amati kebiasaan tersebut menggunakan perangkat seluler, gunakan pengujian A/B, dan Anda akan membangun persona pembeli yang berguna untuk perangkat seluler.

Langkah 2: Tentukan tujuan. Sebelum Anda meluncurkan strategi pemasaran seluler, Anda harus menentukan sasaran Anda dan membuat rencana. Anda perlu untuk memahami siklus hidup pelanggan dan mengembangkan persona, membuat kalender pemasaran dan perangkat otomatisasi pemasaran, serta menentukan sasaran pemasaran seluler dan indikator kinerja utama (KPI) Anda di semua saluran. Tentukan tujuan utama, calon pelanggan utama, dan bagaimana Anda dapat mengembangkan keterlibatan lintas saluran sehingga Anda dapat menganalisis bagaimana saluran yang saat ini Anda gunakan dapat disertakan dalam strategi pemasaran seluler Anda.

Langkah 3: Tetapkan Key Perfomance Indicator (KPI). Sama seperti upaya pemasaran Anda yang lain, pemasaran seluler perlu diuji dan dioptimalkan. Tentukan KPI yang realistis dan terukur yang menentukan kesuksesan kampanye pemasaran seluler Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk menunjang keberhasilan pemasaran Anda:

• Keterikatan atau engagement. Sediakan konten yang ramah bagi perangkat seluler untuk calon pelanggan yang sedang mencari informasi tentang industri atau produk Anda. Pastikan situs web Anda responsif terhadap perangkat seluler untuk meningkatkan performa mobile SEO.

• Akuisisi. Pastikan email pemeliharaan prospek Anda ramah seluler dengan ajakan bertindak yang jelas. Tombol dalam email tersebut harus berada di dekat bagian atas pesan dan cukup besar untuk diketuk agar dengan mudah guna memfasilitasi klik-tayang. Kemudian permudah seseorang untuk mengisi formulir di landing page Anda yang dioptimalkan untuk seluler.

• Pelayanan pelanggan atau customer service. Dalam marketplace yang saling terhubung, layanan pelanggan adalah peluang pemasaran yang sangat besar. Izinkan pelanggan Anda dengan mudah untuk menghubungi Anda melalui platform apa pun yang mereka inginkan, termasuk tombol klik panggilan sederhana untuk pengguna ponsel cerdas.

Langkah 4. Pantau metrik seluler. Google Analytics dapat membantu untuk memantau penggunaan perangkat seluler situs Anda. Data perilaku perangkat seluler menunjukkan seberapa baik konten seluler Anda melibatkan pelanggan dan data konversi menunjukkan apakah beberapa landing page Anda masih perlu dioptimalkan untuk penelusuran seluler atau tidak. Alat dasbor dapat menunjukkan kepada Anda kuantitas dan kualitas trafik, metrik tampilan halaman, bounce ratio, dan banyak lagi.

Bisnis Anda memerlukan strategi pemasaran seluler untuk alasan yang sama seperti Anda memerlukan komputer dan akses wi-fi karena ini adalah zaman dimana kita hidup, jadi Anda perlu untuk tetap relevan dan tetap menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Jelajahi kota besar mana pun dan Anda akan menemukan banyak orang yang terpaku pada layar ponsel cerdas mereka. Menurut laporan terbaru, sebanyak 40% waktu internet pengguna dihabiskan melalui perangkat seluler. Itu berarti, Anda tidak bisa mengabaikan kemunculan perangkat seluler karena akan berdampak fatal bagi bisnis Anda. Segeralah untuk menerapkan strategi ini agar bisnis Anda mendapatkan hasil yang menguntungkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA