Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Pengamat: Risma Mesti Berani Rombak Kemensos

Rabu 23 Dec 2020 03:00 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Tri Rismaharini

Tri Rismaharini

Foto: Republika
Risma diminta lebih humanis lagi sebagai pejabat negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang baru saja ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial harus berani melakukan reformasi birokrasi di Kementerian Sosial (Kemensos). Risma mesti merombak jajaran di tubuh Kemensos.

"Itu harus segera dilakukan dan dirombak orang-orang di dalamnya untuk mengantisipasi oknum yang berperilaku koruptif," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ia berharap dengan kepemimpinan Risma selama dua periode memimpin Kota Surabaya, bisa mendobrak birokrasi yang mungkin kurang baik di kementerian tersebut.Tidak hanya itu, Trubus juga berharap agar Risma lebih humanis lagi sebagai pejabat negara. Apalagi, posisi kementerian yang dipimpinnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ia juga mengingatkan jangan sampai Tri Rismaharini bekerja sendiri-sendiri terutama dalam menangani pandemi Covid-19. "Bu Risma harus bisa kolaboratif jangan sampai dia kompetitif," katanya.

Jika hal itu terjadi maka dikhawatirkan terjadi ego sektoral masing-masing kementerian dan lembaga yang pada akhirnya merugikan kepentingan masyarakat.

Presiden Jokowi mengumumkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju dari beranda Istana Merdeka Jakarta. Enam menteri tersebut yakni Tri Rismaharini ditunjuk sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Budi Gunadi Sadikin akan mengisi jabatan Menteri Kesehatan.

Selanjutnya, Yaqut Cholil Qoumas dipercaya presiden sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dan terakhir M Luthfi akan menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA