Selasa 22 Dec 2020 17:22 WIB

Jokowi Rombak Kabinet, Gus Yaqut Jadi Menteri Agama

Kabinet Diormbak, Gus Yaqut Cholil Qoumas jadi Menteri Agama

Jokowi menunjuk sejumlah nama baru dalam kabinetnya
Foto: Istimewa
Jokowi menunjuk sejumlah nama baru dalam kabinetnya

IHRAM.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya merombak susunan Kabinet Indonesia Maju pada siang ini setelah dua kursi menteri kosong karena tersandung kasus korupsi. Perombakan pun dilakukan di sejumlah pos kementerian.

Jokowi menunjuk sejumlah nama baru. Di antaranya yakni Politikus Gerindra Sandiaga Uno, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Mendag era Presiden ke-6 SBY Muhammad Luthfi, dan Ketua PP GP Anshor Yaqut Cholil Qoumas (akrab dipanggil Gus Yaqut). Ada pula nama Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trengono dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

“Saya bersama-sama dengan Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi saat konferensi pers di Istana Merdeka, Selasa (22/12).

Jokowi pun mengumumkan Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan yang baru menggantikan Terawan Agus Putranto. Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio; dan Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi.

Sementara itu, Muhammad Lutfi ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan yang menggantikan Agus Suparmanto, Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama, dan Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang juga telah ditangkap KPK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement