Selasa 22 Dec 2020 16:45 WIB

Cara Islam Ajarkan Berbakti pada Ibu dan Ayah

Amalan pertama yang paling mulia dalam Islam adalah berbakti kepada orang tua.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Cara Islam Ajarkan Berbakti pada Ibu dan Ayah. Ilustrasi Berbakti Kepada Orang Tua
Foto: Mgrol120
Cara Islam Ajarkan Berbakti pada Ibu dan Ayah. Ilustrasi Berbakti Kepada Orang Tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat Nabi Muhammad, Abdullah bin Mas'ud pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang amal yang paling dicintai Allah. Seketika Nabi menyebut amalan pertama yang paling mulia dalam Islam adalah berbakti kepada orang tua. 

Nabi juga menyebut berjihad di jalan Allah sebagai amal yang paling dicintai Allah. Namun, saat datang seorang sahabat meminta izin berjihad, Nabi bertanya perihal kedua orang tuanya dan menyebut mengurus kedua orang tua juga merupakan amal yang bernilai jihad.

Baca Juga

Allah menempatkan kedudukan orang tua sangat mulia bagi anaknya dan menggambarkannya dengan detail dalam firmannya:

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku kembalimu," (QS. Luqman: 14).

Perintah Allah dan Rasul-Nya untuk menghormati orang tua menjadi kewajiban bagi seorang Muslim untuk mempraktikkannya. Lantas, bagaimana cara berbakti kepada ibu dan ayah dalam Islam?

Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam Minhajul Islam menyebut setidaknya ada empat cara berbakti kepada orang tua yang masih hidup, sebagai berikut.

  • Menaati keduanya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya dalam hal perbuatan yang bukan termasuk maksiat kepada Allah.

وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِى ٱلدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ

"Dan jika keduanya memaksamu mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik," (QS. Luqman: 15).

  • Menghormati dan mengagungkan keduanya, merendahkan diri kepadanya, memuliakannya dengan perkataan atau perbuatan hingga memanggil keduanya dengan namanya, tapi dengan sebutan ayah dan ibu.
  • Berbakti kepada keduanya dengan memberikan makanan dan pakaian, mengobati penyakit hingga menghidari gangguan yang mengusik keduanya.
  • Bersilaturahim dengan kerabat orang tua, mendoakan dan memohonkan ampunan bagi kerabat-kerabatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement