Selasa 22 Dec 2020 15:13 WIB

Program SNAD Al-Zawaj akan Bantu Pemuda Saudi untuk Menikah

SNAD Al-Zawaj memberikan hibah dan kursus pengelolaan uang untuk menikah

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Menikah (Ilustrasi)
Menikah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH--Meninggalkan rumah, menikah, dan membeli properti bisa jadi momok menakutkan dan mahal apalagi di masa ketidakpastian akibat Covid-18 ini.  Akibatnya, banyak pemuda Arab Saudi memilih untuk menunda pernikahan sampai mereka mencapai kemandirian finansial.

Untungnya, ada program SNAD Al-Zawaj yang disponsori pemerintah, sebuah inisiatif dari program SNAD Mohammed bin Salman memberikan hibah dan kursus pengelolaan uang untuk membantu pemuda Saudi menikah dan memulai hidup sebagai pasangan.

"Saya baru bertunangan, di tahap awal hidup saya, dan berapa pun jumlahnya, sekecil apa pun, dapat membuat perbedaan pada saat itu. Program ini mengangkat beban dari bahu saya.  Saya sangat gembira," kata Mohammed Al-Oniny, yang termasuk orang pertama yang mengajukan diri mengikuti program tersebut dilansir dari Arab News, Senin (21/12).

Sejak diluncurkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada 30 Desember 2018, program tersebut telah meningkatkan peluang untuk pembangunan sosial dan keberlanjutan ekonomi di Kerajaan untuk 36,7 persen populasi pria berusia 15-34 tahun dan 30,3 persen berusia di bawah umur.

Menurut laporan Saudi Youth in Numbers yang diterbitkan pada bulan Agustus, ditemukan bahwa pria dan wanita Saudi memilih untuk menunda pernikahan, dengan alasan biaya hidup yang tinggi sebagai faktor utama, diikuti oleh biaya pernikahan yang tinggi. Pandemi virus corona hanya menambah sentimen itu, dengan tekanan lock down dan kesengsaraan keuangan memainkan peran besar dalam cara orang muda mempertimbangkan keputusan keuangan, menghemat uang, dan bersiap untuk keadaan darurat.

SNAD Al-Zawaj secara khusus menargetkan warga negara Saudi yang sedang bersiap untuk menikah, menawarkan dukungan keuangan dan pendidikan yang mereka butuhkan untuk membangun rumah tangga mereka sendiri dan melanjutkan hidup. Tidak hanya sekedar membagikan uang, program ini mengajarkan kaum muda bagaimana mengelola keuangan mereka secara bertanggung jawab melalui kursus kesadaran keuangan wajib.  Hingga saat ini, setidaknya 100.000 orang telah menyelesaikan skema pelatihan.

Selama periode itu, SNAD Al-Zawaj telah mengalokasikan lebih dari Rp 1 triliun dalam pendanaan yang telah disalurkan kepada lebih dari 26.000 penerima. Al-Oniny mengajukan permohonan hibah setelah melihat iklan di Twitter.  

“Saya telah memeriksa persyaratan untuk mendaftar dan saya memenuhi semuanya, jadi saya mendaftar dan menyelesaikan kursus tentang kesadaran finansial,” katanya.

Setelah mengikuti ujian dan mendapatkan nilai di atas 60 persen yang disyaratkan, dia dianugerahi hibah.  “Saya sangat diuntungkan. Setelah saya lulus kursus, program tersebut mengirimi saya SR 20.000 (Rp 76 juta) tanpa permintaan untuk mengembalikan pembayaran di masa mendatang," jelasnya.

Meskipun SNAD Al-Zawaj dirancang untuk membantu demografis seluas mungkin, ada batasan siapa yang dapat mendaftar.  Misalnya, calon suami istri harus sama-sama berkewarganegaraan Saudi.  Pria itu harus berusia antara 21 dan 40 tahun;  wanita berusia antara 18 dan 40 tahun.

Pelamar pria harus telah menyelesaikan ijazah sekolah menengah atas dan gaji mereka tidak boleh melebihi SR 4.000 per bulan.  Selanjutnya, mahar yang telah disepakati tidak boleh melebihi SR 50.000. Hanya pelamar pria yang harus menyelesaikan kursus kesadaran keuangan dan lulus ujian dengan nilai minimal 60 persen agar dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan hibah.

Hibah tersebut tetap mengingat mereka yang paling membutuhkan, dan karenanya diprioritaskan untuk pelamar yatim piatu seperti anak-anak, penyandang cacat, dan keluarga tentara yang gugur.

“Ini berbeda dari layanan sosial lainnya karena menangani kebutuhan berbagai kelompok masyarakat untuk berkembang dan berkembang, berkontribusi pada Visi 2030,” kata Al-Oniny, mengacu pada strategi diversifikasi ekonomi Kerajaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement