Selasa 22 Dec 2020 14:55 WIB

Lima Perusahaan Nasional Berinvestasi di Ethiopia

Ethiopia menjadi negara kedua terbesar di Afrika yang menerima investasi Indonesia.

Duta Besar RI untuk Ethiopia Al Busyra Basnur
Foto: Kedubes RI
Duta Besar RI untuk Ethiopia Al Busyra Basnur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak ekonomi Indonesia tumbuh dan berkembang dengan cepat dalam beberapa dekade belakangan dan sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara yang sangat menarik bagi investasi asing. Dan pada saat bersamaan, banyak perusahaan besar Indonesia berekspansi ke luar negeri, termasuk ke benua Afrika. 

Tahun 2019 lalu, sejumlah pengusaha Indonesia berkunjung ke Ethiopia untuk menjajaki kemungkinan kerja sama ekonomi dan berinvestasi di Ethiopia. Duta Besar RI untuk Ethiopia Al Busyra Basnur mengungkapkan, saat ini ada lima perusahaan Indonesia yang telah berinvestasi di Ethiopia.

“Saat ini, terdapat lima perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia, yaitu Peace Success Industry Plc, Salim Wazaran Yahya Food Manufacturing Plc, Sumbiri Intimate Apparel Plc, Century Garment Plc and Golden Sierra Abyssinia Plc,” kata Al Busyra dalam siaran pers yang diterima Selasa (22/12).

Al Busyra Basnur mengungkapkan pentingnya Afrika, khususnya Ethiopia bagi Indonesia terutama dalam kerja sama ekonomi. Dengan adanya lima perusahaan Indonesia tersebut, menempatkan Ethiopia sebagai negara kedua terbesar di Afrika yang menerima investasi Indonesia.

Pada kesempatan itu, Al Busyra meminta pemerintah Ethiopia untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada perusahaan Indonesia di Ethiopia andaikata ada hal-hal yang menjadi kesulitan dan hambatan bagi kelancaran bisnis perusahaan tersebut.

Al Busyra Basnur menghadiri pembukaan forum investor asing yang diselenggarakan oleh Ethiopian Investment Commission di Addis Ababa pada Senin (21/12). Duta Besar Indonesia diundang secara khusus untuk berbicara di forum tersebut bersama Duta Besar Jepang dan Turki. 

Acara yang dibuka Lelise Neme, Komisioner Investasi Ethiopia itu dihadiri 100 orang terdiri atas pimpinan perusahaan Asia Pasifik dan Timur Tengah yang berinvestasi di Ethiopia. Perusahaan Indonesia yang hadir pada forum tersebut adalah Peace Success Industry Plc, dan Salim Wazaran Yahya Food Manufacturing Plc. Forum tersebut bertujuan untuk mendengarkan pandangan, pendapat dan keluhan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan asing di Ethiopia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement