Selasa 22 Dec 2020 10:15 WIB

Pembuktian Atletico Jelang Penutupan Paruh Musim

Atletico masih kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan koleksi 29 poin.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Foto: EPA-EFE/Chema Moya
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

REPUBLIKA.CO.ID, SOCIEDAD -- Atletico Madrid bertekad menjadikan lawatan ke markas Real Sociedad di Stadion Anoeta, Rabu (23/12) dini hari WIB, sebagai pembuktian kualitas jelang penutupan paruh musim La Liga Spanyol 2020/2021. Saat ini, tim besutan Diego Simeone masih kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan koleksi 29 poin.

Memiliki tabungan tiga pertandingan membuat skuad Los Rojiblancos, julukan Atletico, berkemungkinan menjaga jarak lebih jauh dari Real Madrid dan Sociedad yang berada tepat di bawah Atletico.

Los Rojiblancos sudah bangkit dengan kemenangan 3-1 kontra Elche, akhir pekan lalu, setelah dipermalukan oleh Real Madrid dalam derbi ibu kota Spanyol beberapa hari sebelumnya. Kekalahan saat menghadapi Real Madrid merusak rekor tidak terkalahkan Atletico. Namun dua striker Atletico, Diego Costa dan Luis Suarez, mengembalikan kepercayaan diri tim karena sama-sama mencetak gol melawan Elche.

Atletico ingin mengembalikan konsistensi dalam setiap pertandingan serta mempertahankan status kandidat terkuat juara La Liga musim ini. Sudah delapan tahun sejak titel terakhir, Los Rojiblancos gagal menggenggam gelar. Barcelona dan Real Madrid masih mendominasi kasta tertinggi sepak bola negeri Matador tersebut.

Simeone juga ingin mengakhiri catatan kurang impresif kontra Sociedad. Seperti dilansir Sports Mole, Senin (21/12), Atletico belum pernah menang atas tim berjuluk La Real tersebut sejak Oktober 2015.

Di satu sisi, pelatih berpaspor Argentina itu akan menemui rintangan jelang bertanding. Pasalnya, Atletico kembali tidak akan diperkuat Hector Herrera yang masih cedera. Tak hanya itu, Jose Gimenez dan Joao Felix juga masih diragukan tampil karena masalah pada fisiknya masing-masing.

Kendati demikian, Costa sudah bisa dipercaya sebagai juru gedor menemani Suarez. Ia baru kembali merumput saat melawan Elche, Sabtu (19/12) lalu. Namun, Simeone diperkirakan bakal membangkucadangkan striker asal Spanyol tersebut dan memilih Angel Correa sebagai pengisi posisi Felix. Simeone diperkirakan bakal menurunkan Saul Niguez dan Felipe sejak menit awal, kemudian menyimpan Renan Lodi serta Thomas Lemar dari starting line-up.

Di sisi lawan, Sociedad bukanlah lawan yang empuk untuk ditaklukkan tim tamu. Performa impresif di awal musim sempat membawa tim yang diarsiteki Imanol Alguacil itu memimpin klasemen sementara sebelum terganjal rintangan. Saat ini, Sociedad mengantongi 26 poin dari 15 pertandingan sehingga hanya berjarak tiga poin dengan Atletico yang berada di posisi tertinggi.

Sociedad tentu ingin memperbaiki tren buruk karena belum pernah menang di lima pertandingan terakhir. Dua kekalahan beruntun yang ditelan saat melawan Barcelona dan Levante mendepaknya dari puncak klasemen.

Jika mampu menang atas Atletico, Sociedad akan mempertahankan posisi zona Liga Champions di peringkat ketiga saat ini. Sejak musim 2012/2013, Sociedad belum pernah mencicipi posisi empat besar di La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement