Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Misi Barcelona Kembali ke Jalur Kemenangan

Selasa 22 Dec 2020 10:04 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Foto: EPA-EFE/TONI ALBIR
Musim ini Barcelona belum mampu tampil konsisten di liga domestik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona tak punya pilihan lain untuk bersaing memperebutkan gelar juara La Liga Spanyol selain kembali ke jalur kemenangan. Ini menjadi misi yang diusung Lionel Messi dkk ketika bertandang ke markas Real Valladolid di Estadio Ramon dalam lanjutan La Liga, Rabu (23/12) dini hari WIB.

Saat ini Barcelona masih tercecer di posisi lima klasemen sementara. Skuad asuhan Ronald Koeman baru mengoleksi 21 poin hasil dari 13 laga. Barca terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen sementara, Atletico Madrid, yang mengoleksi 29 poin, namun baru memainkan 12 laga.

Musim ini klub raksasa Katalan belum mampu tampil konsisten di liga domestik. Setelah mencetak dua kemenangan melawan Levante 1-0 dan Real Sociedad 2-1, akhir pekan kemarin Barca harus puas berbagi angka 2-2 dengan Valencia.

Memang, tak mudah untuk menghapus Barca pada peta persaingan perebutan gelar juara di awal musim ini. Namun demikian, Barca benar-benar harus berjuang untuk tampil konsisten dan menyelesaikan sejumlah masalah internal.

Bintang Barca Lionel Messi mencetak gol ke-643 untuk Barca saat melawan Valencia. Ini membuatnya sejajar dengan legenda Brasil Pele dalam urusan mencetak gol untuk satu klub. Tetapi, pemain internasional Argentina itu diperkirakan akan pindah klub pada musim panas mendatang.

Barca yang sudah 26 kali juara La Liga memiliki modal kemenangan 1-0 kontra Valladolid pada pertandingan musim lalu. Namun, Sergi Roberto, Gerard Pique, dan Ansu Fati tetap berada di pinggir lapangan karena masih dalam proses pemulihan. Sementara, Ousmane Dembele kemungkinan tidak akan tampil, meski baru-baru ini kembali ke latihan tim utama usai sembuh dari cedera hamstring.

Koeman diperkirakan akan membuat sedikit perubahan di skuadnya. Clement Lenglet dan Frenkie de Jong akan menggantikan Oscar Mingueza dan Philippe Coutinho. Miralem Pjanic dan Trincao juga didorong untuk menjadi starter. Pedri, Antoine Griezmann, dan Martin Braithwaite diharapkan tetap mendukung pergerakan Messi.

Di lain kubu, Valladolid yang akan bermain di kandang sendiri, pada laga akhir pekan kemarin juga bermain imbang 1-1 di kandang Sevilla. Hasil ini masih menempatkan Valladolid di zona degradasi, yakni posisi ke-18 dengan mengoleksi 14 poin hasil dari 14 pertandingan.
 
Tidak diragukan lagi, Valladolid masih cukup kesulitan sejak awal musim. Namun, skuad asuhan Sergio Gonzalez ini telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa pekan terakhir. Valladolid hanya kalah satu dari enam pertandingan terakhir liga.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA