Selasa 22 Dec 2020 07:09 WIB

Apa Itu Social Media Marketing?

Semua orang haru paham apa Iiu social media marketing?

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Apa Itu Social Media Marketing?. (FOTO: Unsplash/Nathana Rebouças)
Apa Itu Social Media Marketing?. (FOTO: Unsplash/Nathana Rebouças)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Social media marketing atau pemasaran media sosial adalah cara yang ampuh bagi bisnis digital dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Pelanggan Anda sudah berinteraksi dengan berbagai brand melalui media sosial, dan jika Anda tidak berinteraksi langsung dengan audiens Anda melalui platform sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest, Anda akan tertinggal dari kompetitor bisnis Anda.

Pemasaran yang hebat melalui media sosial dapat membawa kesuksesan yang luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan loyalitas pada brand, dan bahkan mendorong prospek serta penjualan.

Pemasaran media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis Anda secara online. Namun, kebanyakan orang tidak tahu apa sebenarnya bentuk pemasaran ini. Untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan konsumen, penting untuk mengetahui apa itu pemasaran media sosial, mengapa itu penting bagi bisnis kecil Anda, dan bagaimana Anda dapat melakukan kampanye pemasaran yang sukses. Untuk itu, mari kita simak artikel berikut.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?

Mengenal Lebih Jauh Social Media Marketing

Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk bisa terhubung dengan pelanggan Anda sehingga dapat membangun nama brand Anda, meningkatkan penjualan, serta mengarahkan trafik situs web. Cara ini mencangkup penerbitan konten yang berkualitas di profil media sosial Anda, mendengarkan dan berinteraksi dengan pengikut media sosial Anda, menganalisis hasil kampanye Anda, dan menjalankan iklan di media sosial.

Platform media sosial utama (saat ini) adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat.

Ada juga berbagai alat manajemen media sosial yang dapat membantu bisnis untuk mendapatkan hasil maksimal dari platform media sosial yang tercantum di atas. Misalnya, Buffer adalah alat manajemen media sosial yang dapat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan dengan pemasaran media sosial. 

Social media marketing pertama kali dimulai dengan penerbitan konten. Bisnis membagikan konten mereka di media sosial untuk menghasilkan trafik ke situs web mereka dan, semoga, akan berakhir pada penjualan. Tetapi media sosial telah berkembang jauh dari hanya sekadar tempat untuk menyiarkan konten saja.

Saat ini, bisnis menggunakan media sosial dengan berbagai cara. Misalnya, bisnis yang peduli tentang apa yang dikatakan orang tentang nama brand-nya akan memantau percakapan media sosial dan menanggapi penyebutan yang relevan (engagement media sosial).

Bisnis yang ingin memahami bagaimana kinerjanya di media sosial akan menganalisis jangkauan, engagement, dan penjualannya di media sosial dengan alat analitik (analitik media sosial). Bisnis yang ingin menjangkau khalayak tertentu dalam skala besar akan menjalankan iklan media sosial yang sangat bertarget, misalnya melalui Facebook Ads.

Secara keseluruhan, cara ini juga sering dikenal sebagai manajemen media sosial.

Apa Manfaat Social Media Marketing?

Kita telah membahas mengapa pemasaran media sosial itu penting, tetapi mari kita bahas juga mengapa strategi ini sepadan dengan investasi.

Kenyataannya adalah media sosial sekarang terlalu besar untuk diabaikan. Situs-situs ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi konsumen dan kehidupan sehari-hari mereka. Media sosial tidak akan berpindah ataupun hilang dalam waktu dekat, dan jika Anda tidak meluangkan waktu untuk itu, bisnis Anda bisa tertinggal. Kabar baiknya adalah berinvestasi dalam pemasaran media sosial dapat menjadikan bisnis Anda sebagai bisnis yang lebih kuat dan memiliki lebih banyak pelanggan.

Masih tidak yakin apakah ini langkah yang tepat untuk Anda? Mari kita bahas empat manfaat utama pemasaran media sosial:

1. Pelanggan Anda ada di media sosial

Meskipun yang ini mungkin tampak jelas, Anda tidak boleh meremehkan dampaknya. Media sosial telah diadopsi secara luas sehingga lebih dari 2 miliar orang secara teratur aktif di dalamnya. Dan sebagian besar dari orang-orang ini menghabiskan 3-4 jam per hari untuk itu, yang berarti mereka menghabiskan sebagian besar hari mereka untuk menelusuri postingan dan iklan yang menarik bagi mereka.

Mari kita lakukan penghitungan singkat.

Jika kita mengasumsikan kebanyakan orang tidur 8 jam per hari dan meninggalkan kita dengan 16 jam waktu terjaga, ini berarti orang menghabiskan sekitar 25% saat mereka terbangun untuk menggunakan media sosial. Dan pada saat kegiatan mereka berakhir, itu bisa sama dengan lebih dari seperempat hidup mereka dihabiskan di media sosial.

Jika pelanggan Anda menghabiskan banyak waktu mereka untuk melakukan sesuatu, Anda perlu berada di sekitar hal itu, apa pun itu bentuknya.

Sekarang, bentuknya adalah media sosial. Semakin cepat Anda fokus pada upaya media sosial Anda, semakin baik dampaknya bagi bisnis Anda.

2. Tidak memerlukan biaya mahal

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, pemasaran media sosial memiliki jangkauan yang lebih luas dan biaya yang lebih rendah. Misalnya, Anda dapat menghabiskan sekitar Rp140.000 untuk biaya iklan Instagram yang bisa menjangkau lebih dari 1.000 orang. Sementara nilai sebesar Rp140.000 di dunia pemasaran tradisional tidak akan memberi Anda sesuatu yang berarti.

Alasan mengapa media sosial sangat murah adalah karena banyaknya jumlah orang yang menggunakannya dan kurangnya pengiklan yang memanfaatkannya. Tapi ini akan berubah setiap harinya. Semakin banyak pengiklan menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka, dan sebagai akibatnya, biaya iklan sedikit meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Semakin cepat Anda mulai membangun presensi media sosial Anda, maka akan semakin baik. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan biaya yang rendah dan membangun nama brand Anda sekarang, daripada mengejar ketinggalan dan membayar terlalu banyak nantinya.

3. Dapat menentukan segmen bisnis

Pemasaran media sosial bukan cara baru dalam beriklan karena ini adalah strategi yang sangat berguna yang dapat membantu Anda menjangkau prospek yang lebih berkualitas. Setiap platform utama mencatat banyak data dari penggunanya, dan informasi ini membuat iklan mereka lebih baik daripada kebanyakan alternatif lainnya.

Mereka mengetahui informasi seperti apa yang Anda suka dan yang tidak Anda suka, apakah Anda sudah menikah atau masih lajang, di mana tempat Anda bekerja, bisnis apa yang Anda kunjungi, makanan apa yang Anda suka, dan masih banyak lagi.

Data ini dapat membantu Anda dalam menargetkan iklan pada mereka yang kemungkinan besar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Misalnya, Anda menjual aksesoris binatang peliharaan kucing. Anda dapat menjalankan kampanye iklan yang menargetkan orang dewasa berusia di atas 25 tahun, terutama wanita peminat binatang peliharaan kucing.

Tingkat presisi inilah yang membuat pemasaran media sosial begitu unik. Ini memungkinkan brand untuk selalu terhubung dengan orang-orang yang tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan produk mereka, dan membuat proses pembelian mereka jauh lebih sederhana.

4. Membangun kepercayaan

Konsumen lebih cenderung terlibat dengan akun yang mereka percaya, dan kepercayaan itu pada akhirnya memengaruhi proses pembelian mereka.

Jika dilakukan dengan benar, semua yang Anda lakukan di media sosial memiliki kekuatan untuk membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Konten yang bagus menunjukkan bahwa bisnis Anda terpercaya dan Anda dapat memahami audiens tersebut. Setiap platform bertindak sebagai ruang bagi Anda dan pengikut media sosial Anda untuk terlibat satu sama lain secara langsung, dan ini membantu memperdalam hubungan mereka dengan brand Anda.

Jadi, Anda tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak orang, tetapi Anda juga menciptakan lingkungan yang mengarah pada konversi bagi bisnis Anda.

8 Tips Social Media Marketing Terbaik

Siap untuk memulai pemasaran di media sosial? Berikut adalah beberapa tips pemasaran media sosial untuk memulai kampanye media sosial Anda.

1. Perencanaan Konten Media Sosial - Seperti yang telah dibahas sebelumnya, membangun rencana pemasaran media sosial sangat penting. Pertimbangkan untuk melakukan riset kata kunci dan riset kompetitif pasar untuk membantu bertukar pikiran tentang ide konten yang akan menarik minat target pelanggan Anda. Kemudian, pikirkan juga apa yang dilakukan bisnis lain di industri Anda untuk mendorong keterlibatan di media sosial?

2. Konten Media Sosial Berkualitas - Konsisten dengan area pemasaran online lainnya, konten memegang kendali tertinggi dalam hal pemasaran media sosial. Pastikan Anda untuk selalu memposting secara teratur dan menawarkan informasi yang benar-benar berharga yang akan bermanfaat dan menarik bagi pelanggan ideal Anda. Konten yang Anda bagikan di jejaring sosial Anda dapat mencakup gambar media sosial, video, infografis, panduan cara, dan masih banyak lagi.

3. Citra Brand yang Konsisten - Menggunakan media sosial untuk pemasaran membantu bisnis Anda memproyeksikan citra brand Anda di berbagai platform media sosial yang berbeda. Meskipun setiap platform memiliki lingkungan dan kondisi yang unik, identitas inti bisnis Anda, baik bersahabat, menyenangkan, atau dapat dipercaya, harus tetap konsisten.

4. Media Sosial untuk Promosi Konten - Pemasaran media sosial adalah saluran yang sempurna untuk berbagi konten situs dan blog terbaik Anda dengan pembaca. Setelah Anda membangun pengikut setia di media sosial, Anda akan dapat memposting semua konten baru Anda dan memastikan pembaca Anda dapat segera menemukan hal-hal baru. Plus, konten blog yang bagus akan membantu Anda membangun lebih banyak pengikut. Ini adalah cara yang mengejutkan bahwa pemasaran konten dan pemasaran media sosial dapat saling menguntungkan.

5. Berbagi Link Pilihan - Meskipun menggunakan media sosial untuk pemasaran adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan konten unik dan otentik Anda untuk mendapatkan pengikut dan penggemar, ini juga merupakan peluang yang baik untuk menautkan ke artikel luar situs. Jika sumber lain memberikan informasi yang bagus dan berharga atau yang menurut Anda akan dinikmati oleh target audiens Anda, jangan malu untuk segera menautkannya.

Melakukan kurasi dan menautkan ke sumber luar dapat meningkatkan kepercayaan dan keandalan, dan Anda bahkan mungkin akan mendapatkan beberapa tautan balik (backlink) sebagai imbalannya.

6. Melacak Kompetitor Bisnis - Selalu penting untuk mengawasi kompetitor bisnis Anda karena mereka dapat memberikan data yang berharga untuk setiap riset kata kunci dan insight mengenai pemasaran media sosial lainnya. Jika pesaing Anda menggunakan saluran atau teknik pemasaran media sosial tertentu yang tampaknya berhasil untuk mereka, pertimbangkan untuk melakukan hal yang sama, tetapi lakukan dengan lebih baik, dan lakukan improvisasi.

7. Mengukur Keberhasilan dengan Analytics - Anda tidak dapat menentukan keberhasilan strategi pemasaran media sosial Anda tanpa data pelacakan. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat pemasaran media sosial yang hebat dan akan membantu Anda untuk mengukur teknik pemasaran media sosial Anda yang paling sukses, serta menentukan strategi mana yang lebih baik digunakan atau ditinggalkan.

Lampirkan tag pelacakan ke kampanye pemasaran media sosial Anda sehingga Anda dapat memantaunya dengan benar dan akurat. Juga pastikan untuk selalu menggunakan analitik dalam setiap platform media sosial untuk mengetahui lebih banyak insight  konten di media sosial mana yang memiliki performa terbaik dengan audiens Anda.

8. Manajemen Krisis Media Sosial - Hal-hal tidak selalu berjalan lancar bagi setiap brand yang memasarkan produk mereka di media sosial. Yang terbaik adalah memiliki pedoman agar tim Anda mengetahui cara menangani krisis yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Sederhananya, pemasaran media sosial bisa sangat menguntungkan bisnis Anda. Apakah Anda ingin fokus pada membangun merek Anda dari waktu ke waktu, atau hanya untuk menghasilkan konversi cepat, Anda akan dapat melihat hasil yang nyata dan terukur.

Saat ini, mayoritas  pelanggan Anda berada di media sosial, dan semakin penting untuk membangun nama brand Anda di platform yang mereka gunakan. Selama Anda menentukan jalur mana yang terbaik dan menjalankan strategi pemasaran yang berkualitas tinggi, Anda dapat memperkuat nama brand Anda dan meningkatkan penjualan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement