Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

OSO Perintahkan Kader Hanura Bersiap Hadapi Pemilu 2024

Selasa 22 Dec 2020 06:59 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang

Foto: Republika/Putra M. Akbar
OSO meminta persiapan administrasi yang terkonsep, terarah, dan terukur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memerintahkan seluruh kader partainya untuk bersiap-siap menghadapi verifikasi administrasi dan faktual partai politik (parpol) sebagai syarat menjadi peserta di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. OSO meminta agar seluruh kader menyiapkan persyaratan organisasi, administrasi, hingga kartu tanda anggota (KTA) bisa dipenuhi dengan secepatnya. 

"Saya meminta kepada semua jajaran pengurus agar secara terkonsep, terarah, dan terukur menyiapkan semua persyaratan sesuai undang-undang untuk bisa mengikuti verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik untuk Pemilu 2024," kata OSO dalam pidato HUT ke-14 Partai Hanura yang ditayangkan secara daring, Senin (21/12). 

Baca Juga

Menurutnya langkah taktis dan strategis parpol yang terpenting ialah bisa dengan mudah memenuhi persyaratan sebagai peserta pemilu di ajang pesta demokrasi 2024 mendatang. 

"Dari syarat KTA seribu atau seperseribu per kabupaten di undang-undang, saya instruksikan setiap kabupaten/kota minimal bisa 2000 KTA. Sebab,  2021 mendatang, sudah dilanjutkan kembali pendataan dan input dokumen persyaratan ke SIPOL (sistem informasi partai politik) KPU," kata dia. 

Mantan wakil ketua MPR itu mengatakan Partai Hanura menjadi salah satu parpol yang aktif melakukan pendataan via SIPOL KPU, dibandingkan dengan partai lainnya. Menurutnya, hal tersebut mengindikasikan Hanura serius untuk menghadapi tantangan awal Pemilu 2024, yaitu memenui syarat menjadi partai politik peserta pemilu.

Selain itu, mantan ketua DPD itu juga menanggapi soal revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu atau UU Pemilu. OSO menegaskan bahwa memang RUU Pemilu sampai saat ini belum disahkan. 

Karena itu, OSO mengajak para pengurus dan kadernya menjadikan HUT ke-14 Partai Hanura ini sebagai momentum konsolidasi untuk bersiap mengikuti kompetisi politik 2024. “Makin awal persiapan, makin rapi persiapan, makin tertib persiapan maka makin besar potensi meraih kemenangan,” kata dia.

OSO menegaskan yang diperlukan adalah kemenangan untuk kembali bisa masuk dan berkiprah di parlemen (DPR/MPR) di Senayan, sekaligus tumbuh berkembang di DPRD provinsi, kabupaten/kota. "Mari galang solidaritas, sinergi, dan semangat bersatu untuk memajukan partai tercinta," kata dia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA