Senin 21 Dec 2020 19:36 WIB

Jalan Buntu, Muenchen Pasrah Alaba Gabung Klub Lain

Muenchen sudah sempat menawarkan perpanjangan kontrak kepada Alaba.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
 David Alaba dari Bayern Munich menyaksikan pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara FC Bayern Munich dan SV Werder Bremen di Allianz Arena di Munich, Jerman, 21 November 2020.
Foto: EPA-EFE/ALEXANDER HASSENSTEIN
David Alaba dari Bayern Munich menyaksikan pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara FC Bayern Munich dan SV Werder Bremen di Allianz Arena di Munich, Jerman, 21 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID,  MUENCHEN -- Direktur Eksekutif Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, mengungkapkan, manajemen Die Bayern telah berupaya untuk bisa mempertahankan pemain asal Austria, David Alaba. Upaya ini termasuk dengan menawarkan perpanjangan kontrak kepada Alaba. 

Rummenigge mengungkapkan, Muenchen sudah sempat menawarkan perpanjangan kontrak kepada Alaba. Kendati begitu, hingga akhir Oktober, Alaba tidak juga memberikan respon terkait tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Die Bayern.

Baca Juga

''Bayern sudah melakukan segalanya untuk bisa mencapai kesepakatan dengan Alaba. Kami sempat berdiskusi dan terlibat negosiasi, tapi hingga akhir Oktober tidak ada jawaban darinya. Kesepakatan itu terjadi dan saya tidak tahu, apakah dia akan kembali ke bernegosiasi,'' tutur Rummenigge seperti dikutip Daily Mail, Senin (21/12).

Kontrak pemain yang mengawali karier sebagai bek kiri itu memang akan habis pada akhir musim ini, tepatnya pada 30 Juni 2021 mendatang. Namun, negosiasi perpanjangan kontrak Alaba terus menemui jalan buntu. Kabarnya, pemain berusia 28 tahun itu berharap mendapatkan durasi kontrak yang lebih panjang dari tawaran Muenchen dan mendapatkan kenaikan gaji. 

Di sisi lain, manajemen Muenchen enggan mengabulkan permintaan alumni tim junior Muenchen tersebut. Namun, Rummenigge membantah kabar tersebut. ''Apa yang saya ingin tegaskan adalah, kami telah memberikan penawaran perpanjangan kontrak sesuai dengan penilaian kami terhadap kemampuannya. Namun, sepertinya dia tidak menerimanya,'' kata mantan penggawa timnas Jerman dan Bayern Muenchen tersebut.

Dengan belum tercapainya kesepakatan perpanjangan kontrak dengan Muenchen, maka Alaba bisa melakukan negosiasi pra-kontrak dengan klub manapun pada Januari mendatang. Apabila mencapai kata sepakat dalam negosiasi pra-kontrak tersebut, maka Alaba akan bergabung dengan klub tersebut pada awal musim depan dengan status sebagai free agent.

Sejumlah klub pun dikabarkan begitu bernafsu memanfaatkan kesempatan ini, Mulai dari Real Madrid, Paris Saint Germain, Juventus, hingga Chelsea disebut-sebut berminat meminang Alaba. Maklum, meski mengawali karier di posisi bek kiri, tapi Alaba juga piawai tampil di bek tengah. Kemampuan Alaba ini begitu terlihat saat dipercaya menggantikan Nicklas Sule di jantung pertahanan Muenchen pada pertengahan musim lalu. Ujungnya, Alaba sukses mengantarkan Muenchen meraih tiga gelar pada musim lalu.

Rummenige pun pasrah apabila nantinya Alaba melakukan negosiasi pra-kontrak dengan klub lain pada Januari mendatang. ''Saya tidak tahu-menahu soal ketertarikan Real Madrid terhadapnya. Dia bebas berbicara dengan siapa saja, dengan klub mana saja, terhitung pada 1 Januari mendatang,'' ujar Rummenigge.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement