Senin 21 Dec 2020 16:45 WIB

Cendikiawan Muslim Raih Penghargaan Fisika Dunia

Cendekiawan Muslim menerima penghargaan Physics World 2020 Breakthrough of the Year

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Cendikiawan muslim Elham Fadaly, seorang kandidat PhD di jurusan Fisika Terapan, menerima penghargaan tersebut bersama Alain Dijkstra dan Erik Bakkers
Foto: About Islam
Cendikiawan muslim Elham Fadaly, seorang kandidat PhD di jurusan Fisika Terapan, menerima penghargaan tersebut bersama Alain Dijkstra dan Erik Bakkers

REPUBLIKA.CO.ID, EINDHOVEN -- Seorang cendekiawan Muslim dan timnya telah menerima penghargaan Physics World 2020 Breakthrough of the Year di Eindhoven University of Technology di Belanda. Kemenangan ini karena mereka menciptakan bahan berbasis silikon dengan celah pita langsung yang memancarkan cahaya pada panjang gelombang yang digunakan untuk telekomunikasi optik.

Tim ini terdiri dari Elham Fadaly, seorang kandidat PhD di jurusan Fisika Terapan, menerima penghargaan tersebut bersama Alain Dijkstra dan Erik Bakkers. Penemuan mereka merupakan hasil kerjasama dengan Jens Renè Suckert dari Friedrich-Schiller-Universität Jena di Jerman, serta tim kolaborator internasional.

Menurut Physics World, selain memiliki aplikasi di telekomunikasi optik dan komputasi optik, bahan berbasis silikon baru dapat digunakan untuk membuat sensor kimia.

“Perangkat silikon menggerakkan masyarakat berbasis informasi kami, tetapi celah pita tidak langsung material (properti inheren dari struktur atom, yang mencegahnya memancarkan cahaya) telah menahannya ketika berhubungan dengan telekomunikasi dan aplikasi optik mutakhir lainnya,” kata anggota juri dan editor Fisika Dunia Hamish Johnston dilansir dari About Islam, Ahad (20/12).

“Dengan membuat bahan berbasis silikon yang memancarkan cahaya pada panjang gelombang telekomunikasi, tim Bakkers telah membuka pintu ke dunia aplikasi baru untuk perangkat silicon,”tambahnya.

Physics World adalah publikasi dari UK Institute of Physics. Setiap tahun mereka mengumumkan penemuan fisika baru sebagai “Breakthrough of the Year” atau penemuan terobosan tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement