Senin 21 Dec 2020 16:09 WIB

Tesla Dorong Otomotif AS Menuju Elektifikasi di 2020

Tahun 2021, semua tanda mengarah pada industri yang mempercepat ke arah elektrifikasi

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Pejalan kaki melewati gerai mobil Tesla di Jerman.
Foto: EPA
Pejalan kaki melewati gerai mobil Tesla di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT--Tesla Inc dan Wall Street menjadikan tahun 2020 sebagai tahun di mana industri otomotif AS memutuskan untuk beralih ke listrik.

Kapitalisasi pasar Tesla melonjak di atas 600 miliar dolar AS, membuat perusahaan rintisan yang dulunya goyah yang didirikan oleh miliarder Elon Musk ini bernilai lebih dari gabungan lima grup pembuat kendaraan global terlaris.  

Pada hari Jumat, Tesla naik ke rekor tertinggi dalam perdagangan panik menjelang masuknya saham yang sangat diantisipasi ini ke dalam indeks acuan S&P 500. Untuk tahun 2021, semua tanda mengarah pada industri yang mempercepat peralihannya ke elektrifikasi, titik balik yang secara historis penting seperti peluncuran jalur perakitan bergerak Ford Motor Co untuk kebangkrutan Model T atau General Motors tahun 2009.

Kenaikan Tesla terjadi pada tahun yang sama ketika aktivis hedge fund dan investor lain meningkatkan tekanan pada perusahaan untuk melawan perubahan iklim.  Bukti berkembang bahwa lebih banyak investor telah menyimpulkan dominasi selama satu abad dari mesin pembakaran internal 'ICE', sedang menuju penutupan dalam satu dekade.

Dari London, Beijing hingga California, para pemimpin politik juga merangkul rencana untuk mulai menghentikan secara bertahap kendaraan khusus mesin pembakaran internal pada awal tahun 2030. Tekanan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca merusak logika untuk investasi baru yang signifikan dalam mesin ICE. Ribuan pekerjaan manufaktur saat ini terkait dengan pembakaran internal di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, dan negara lain.

Kekuatan lainnya juga mengguncang status quo industri otomotif tahun ini. Pandemi Covid-19 menghilangkan penjualan dan keuntungan yang diandalkan oleh pembuat mobil lama untuk mendanai transisi metodis ke kendaraan listrik.   Pemulihan cepat China dari pandemi juga memberikan tarikan gravitasi yang lebih kuat pada investasi industri.

Ini adalah tahun CEO GM Mary Barra dan eksekutif industri top lainnya mulai menggemakan Musk Tesla, mengatakan biaya baterai kendaraan listrik dapat segera mencapai keseimbangan dengan teknologi pembakaran internal. Namun, masih harus dilihat apakah konsumen, terutama di Amerika Serikat, siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada truk pickup dan SUV berbahan bakar minyak.

Kendaraan terlaris di Amerika Serikat tetaplah truk pickup berbahan bakar minyak yang besar.  Permintaan kendaraan ini mendorong pemulihan bagi pembuat mobil Detroit setelah pandemi memaksa pabrik tutup pada musim semi.

Pembuat kendaraan listrik dan baterai terbaik dapat menggunakan model yang sesuai dengan biaya pembakaran internal di muka secepat tahun 2023, kata analis Bernstein dalam sebuah laporan."Permainan ICE berakhir dengan BEV pada 2030,” tulis analis otomotif Bernstein, menggunakan akronim industri untuk mesin pembakaran internal (ICE) dan Kendaraan Listrik Baterai (BEV). 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement