Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Seperti Apa Penampakan Fisik Malaikat Jibril di Depan Nabi?

Senin 21 Dec 2020 15:46 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah

Malaikat Jibril pernah bertemu secara penampakan fisik dengan Nabi SAW. Pelindung dari Sinar Matahari berbahaya/Ilustrasi

Malaikat Jibril pernah bertemu secara penampakan fisik dengan Nabi SAW. Pelindung dari Sinar Matahari berbahaya/Ilustrasi

Foto: blogspot.com
Malaikat Jibril pernah bertemu secara penampakan fisik dengan Nabi SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Selain manusia, Allah SWT menciptakan malaikat yang berasal dari cahaya. Para malaikat merupakan makhluk yang sangat taat kepada Allah. Dari sepuluh malaikat, yang pertama diberi tugas oleh Allah adalah malaikat Jibril.

Peneliti Bidang Aqidah di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Gus Nur Rohmad, menjelaskan malaikat Jibril adalah pemimpin seluruh malaikat dan disebut sebagai aminul al wahyi. 

Dia ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada para rasul. Rasulullah SAW pernah bertemu dengan Jibril di dekat Sidratul Muntaha, yaitu sebuah pohon besar yang akarnya berada di langit keenam. Daun, buah, dan rantingnya menjulang sampai langit ke tujuh.

Baca Juga

Itu diceritakan dalam Kitab Shahih Ibn Hiban, dari sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud, Rasulullah bersabda: 

عن ابن مسعود -رضي الله عنه- أنه قال في هذه الآية: {ولقد رآه نَزْلَةً أُخرى} [النجم: 13]، قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: رأيتُ جبريلَ عند سِدْرةِ المُنْتَهى، عليه ستُّمائة جَناح، يَنْتَثِرُ من رِيشِه التَّهاوِيلُ: الدُّرُّ والياقُوتُ 

Dari Ibnu Mas'ud RA bahwa dia berkata tentang ayat ini, “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain.” (QS. An-Najm: 13) Rasulullah SAW bersabda, “Aku melihat Jibril di Sidratul Muntaha, ia memiliki enam ratus sayap yang berhamburan di bulunya intan dan permata dengan warna yang berbeda-beda." 

Gus Nur Rohmad melanjutkan, dalam hadits marfu’ dari Ibnu Shihah, suatu ketika Rasulullah meminta Jibril menampakkan bentuk aslinya. Kemudian jibril mengatakan, “Engkau tidak akan mampu melihatku dalam bentuk asliku. Engkau pasti kaget.” Namun, Rasulullah mengatakan dia sangat ingin Jibril menampakkan bentuk aslinya.

“Lalu Rasulullah pergi ke tempat shalat pada suatu malam saat bulannya terang. Kemudian Jibril datang dalam bentuk asli. Ketika malaikat Jibril menampakkan bentuk aslinya di hadapan beliau, Rasulullah langsung pingsan tak sadarkan diri begitu melihat Jibril memiliki 600 sayap, sangat besar,” kata Gus Nur Rohmad dalam video bertajuk Malaikat Jibril dan Tugasnya di kanal Youtube NU Online.

Saat Rasulullah terbangun dari pingsannya, Jibril kemudian bersandar pada badan beliau. Dia meletakkan salah satu tangannya di dada Rasulullah dan tangan lain diletakkan di antara pundaknya. Rasulullah bersabda, “Subhanallah, Mahasuci Allah. Saya tidak pernah mengira bahwa ada makhluk yang Allah ciptakan sebesar engkau wahai Jibril.”

Gus Nur Rohmad menyebut Rasulullah melihat bentuk asli Jibril dua kali. “Yang pertama di Makkah dia langsung pingsan. Kedua, dia melihat di dekat Miraj, siradatul muntaha tadi. Pas kali kedua dia tidak pingsan,” ujar dia. 

Sumber:  https://www.youtube.com/watch?v=_QLIhs7iHDc

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA