Senin 21 Dec 2020 14:50 WIB

Produsen Otomotif Kekurangan Pasokan Semikonduktor

Produsen semikonduktor mengurangi pasokan lantaran pandemi covid-19.

Volkswagen, merupakan salah satu pabrikan yang terdampak kekurangan pasokan semikonduktor.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Volkswagen, merupakan salah satu pabrikan yang terdampak kekurangan pasokan semikonduktor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil global menghadapi tantangan baru sebagai dampak pandemi COVID-19. Tantangan itu yakni kelangkaan pasokan semikonduktor.

Sebagai akibat dari pandemi dan penurunan penjualan di industri otomotif, pabrikan semikonduktor telah mengalihkan kapasitas produksi mereka ke sektor lain, seperti elektronik konsumen. Sekarang pabrikan otomotif dunia menghadapi kekurangan komponen elektronik yang dibutuhkan itu, termasuk di antaranya Volkswagen.

Baca Juga

Untuk alasan ini, Grup Volkswagen akan menyesuaikan produksi di berbagai lokasi di China, Amerika Utara, dan Eropa. Produksi mobil penumpang Volkswagen, SKODA, SEAT, dan Audi bakal terpengaruh.

Penanggulangan dan alternatif terus ditinjau dengan tujuan untuk membatasi efek kemacetan pasokan dan jumlah kendaraan yang terkena dampak.

"Sampai saat ini, kami telah melewati krisis dengan baik berkat pengadaan dan manajemen produksi yang luar biasa. Namun, kami sekarang merasakan efek dari kemacetan semikonduktor global," kata Murat Aksel, dewan manajemen Grup Volkswagen untuk pengadaan, dikutip Senin (21/12).

"Kami melakukan segala daya kami untuk meminimalkan produksi yang hilang dan untuk memastikan bahwa pengiriman normal ke pelanggan dapat dilanjutkan secepat mungkin," tambahnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement