Senin 21 Dec 2020 09:52 WIB

Pengoperasian Perdana Pelabuhan Patimban Diresmikan

Pelabuhan Patimban jadi kunci penghubung antarkawasan dan menopang percepatan ekspor.

Pelabuhan Internasional Patimban.
Foto: ANTARA FOTO/Humas Kementerian Perhubungan
Pelabuhan Internasional Patimban.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Presiden RI Joko Widodo meresmikan pengoperasian perdana Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan," ujar Presiden dalam Soft Launching dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban dari Istana Kepresidenan Bogor, Ahad (20/12).

Presiden berharap keberadaan Pelabuhan Patimban akan memperkuat Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah padat dan menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta, Jakarta-Bekasi. Menurut Presiden, Pelabuhan Patimban memiliki lokasi strategis di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Dia meyakini Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antarkawasan dan menopang percepatan ekspor. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan Pelabuhan Patimban akan disinergikan dengan Tanjung Priok sesuai arahan Presiden, sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya logistik nasional.

Menurut Menhub, dalam pengoperasian perdana hari ini, akan dilakukan ekspor perdana 140 unit mobil Toyota, Daihatsu, Suzuki ke Brunei Darussalam dengan kapal Suzuka Express milik PT Toyofuji.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement