Senin 21 Dec 2020 06:34 WIB

Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Sebelum Sarapan

Hasil studi di Inggris ungkap bahaya minum kopi sebelum sarapan di pagi hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Hasil studi di Inggris ungkap bahaya minum kopi sebelum sarapan di pagi hari (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Pixabay
Hasil studi di Inggris ungkap bahaya minum kopi sebelum sarapan di pagi hari (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secangkir kopi di pagi hari sebelum sarapan mungkin terlihat sederhana. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa berdampak negatif untuk tubuh. Kopi sebelum sarapan ternyata dapat mengganggu kadar gula darah.

Menurut sebuah studi baru dalam The British Journal of Nutrition, dilansir laman Eat This, Senin (21/12), jika mengonsumsi kafein pagi hari sebelum sarapan, dapat berdampak negatif terhadap kadar gula darah. Pada akhirnya hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga

Studi yang dilakukan oleh ahli fisiologi di Pusat Nutrisi, Latihan & Metabolisme di Universitas Bath Inggris itu berfokus pada sekitar 30 orang sehat yang menjalani tiga eksperimen berbeda. Pertama, peserta memiliki tidur malam yang normal dan kemudian mengonsumsi minuman manis di pagi hari.

Minuman manis mencerminkan apa yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan, menurut catat penulis penelitian. Kedua, peserta mengalami tidur malam yang terganggu, di mana mereka terbangun selama lima menit setiap jam di malam hari. Kemudian diberi minuman yang sama.

Di kelompok ketiga, peserta mengalami gangguan malam di tempat tidur. Namun, diberi kopi hitam kental 30 menit sebelum mengonsumsi minuman yang mewakili sarapan.

Dalam ketiga skenario tersebut, para peneliti memantau kadar glukosa darah para partisipan. Setelah itu, mereka menemukan bahwa tidur nyenyak di malam hari tidak serta merta memengaruhi kadar glukosa darah dan respons insulin peserta.

Hasilnya cukup mengejutkan karena kebanyakan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan pada sistem metabolisme tubuh respons insulin. Namun, ketika peserta penelitian meminum kopi sebelum sarapan, kadar gula darah mereka melonjak hingga 50 persen.

"Sederhananya, kontrol gula darah kita terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh kita adalah kopi, terutama setelah tidur malam yang terganggu," tulis James Betts, Profesor Fisiologi Metabolik di Universitas Bath dan Ketua Departemen untuk Komite Etik Penelitian Kesehatan.

Sebaiknya, hindari langsung minum kopi di pagi hari sebelum sarapan. Sebaliknya, jika makan dulu baru kemudian minum kopi jika mengiinginkannya, tidak akan terlalu jadi masalah.

"Kami tahu bahwa hampir separuh dari kita akan bangun di pagi hari dan, sebelum melakukan hal lain, minum kopi secara intuitif semakin kita merasa lelah, semakin kuat kopinya,” lanjutnya.

Penelitian ini penting dan memiliki implikasi kesehatan luas. Tetapi yang jelas, meraih kopi sebelum sarapan terbukti tidak akan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement