Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Eep: PPP Harus Menyesuaikan dengan Generasi Muda

Senin 21 Dec 2020 05:16 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Suharso Monoarfa terpilih sebagai ketua umum PPP periode 2020-2025 secara aklamasi di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (19/12).

Suharso Monoarfa terpilih sebagai ketua umum PPP periode 2020-2025 secara aklamasi di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (19/12).

Foto: DPP PPP
Pada 2024, diproyeksikan ada lebih dari 50 persen generasi berusia di bawah 40 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsultan politik dari PolMark Indonesia Eep Saefulloh mengatakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini. Hal itu agar suara para generasi muda berlabuh ke partai tersebut.

"PPP harus bersedia dengan ikhlas menyesuaikan diri dengan keberadaan generasi ini. Mereka pemilih besar," ujar Eep dalam penutupan Muktamar IX, Ahad (20/12).

Baca Juga

Ia mengatakan, suara generasi muda akan sangat mendominasi pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun tersebut akan ada lebih dari 50 persen generasi berusia di bawah 40 tahun.

"Mau tidak mau harus menjadi partainya orang muda. Kalau PPP tidak menjadi partainya orang muda, maka PPP kehilangan kesempatan merebut segmen yang sangat besar," ujar Eep.

Suharso Monoarfa terpilih menjadi ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 2020-2025. Di bawah kepemimpinannya, ia menargetkan partai berlambang Ka'bah itu meraih 15 juta suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Suharso berencana membentuk tiga tim guna meningkatkan elektabilitas partai. Pertama, tim yang melakukan kerja-kerja elektoral dari tingkat nasional hingga tingkat ranting.

Kedua, tim influencer atau pemengaruh yang bertugas untuk menggaet suara generasi muda. Sebab, tak dapat dimungkiri bahwa perkembangan digital dan Internet harus membuat partai cepat beradaptasi.

Terakhir adalah tim pendukung organisasi. Kerja tim ini nantinya akan mengkoordinasikan seluruh kader di Indonesia, mulai dari yang tua hingga muda.

"Dengan langkah-langkah yang terukur, Insyaallah kita bisa mewujudkan imoian itu dan mengembalikan kegemilangan PPP," ujar Suharso. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA