Senin 21 Dec 2020 03:39 WIB

Tips Menu Bakar-Bakar Jelang Tahun Baru

Aktivitas bakar-bakar bisa menjadi pilihan menemani malam pergantian tahun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ayam Bakar (Ilustrasi)
Foto: Google
Ayam Bakar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktivitas barbeku atau panggangan atau roast dengan api banyak jadi pilihan menemani malam pergantian tahun baru. Bukan hanya spesial, chef Vindex Tengker menyebut aktivitas itu dapat dinikmati bersama keluarga atau kerabat, serta teman-teman dalam kondisi yang terbatas.

“Barbeku bisa dengan meat seperti beef steak, ribs, dan berbagai potongan lainnya juga ada lamb chop, lamb rack, chicken, fish, atau seafood,” kata chef Vindex kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Untuk marinasi atau bumbu juga bermacam-macam. Chef Vindex menyebut bumbu bisa membeli jadi atau membuat sendiri, yang sebenarnya sangat mudah karena tidak perlu banyak memasak, tapi meracik saja.

Sementara untuk cocolan yang cocok, dia mengatakan marinasinya juga bisa dibuat saus. “Saus marinasi yang bisa jadi cocolan seperti macam-macam barbeku sauce yang bisa dibuat pedas dengan padanan black pepper, chili pepper, atau cajun,” ujar dia.

Chef Vindex mengatakan Anda juga bisa menambahkan unsur lain yang menambah flavor, seperti smokey honey, Korean chili, mustard yang cocok untuk beef atau chicken.

Kemudian untuk seafood atau fish, dia mengatakan biasa mengunakan cocolan seperti tartar sauce, honey mustard, chili mayo, herbs mayo (mayonaise base), atau bisa juga Japanese style sauce seperti teriyaki, ponzu, dan lain-lain.

Menurutnya, lama marinasi bisa paling cepat tiga jam atau paling baik itu semalaman. Chef Vindex mengatakan memilih daging, ikan, dan seafood sama seperti memilih daging segar. Dia menekankan pilihan harus memiliki kualitas bagus, ikan dan seafood masih dalam kondisi segar.

Untuk daging panggang langsung harus premium cut, seperti tenderloin, sirloin, dan rib eye. Kalau ribs dan beberapa cut lain harus dimasak terlebih dahulu. Sementara sosis bisa apa saja, langsung panggang atau dibuat skewers. Untuk sayuran pilih yang bagus untuk panggang, seperti terung, wortel, paprika, zuchini, cabai besar, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement