Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tips Menu Bakar-Bakar Jelang Tahun Baru

Senin 21 Dec 2020 03:39 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ayam Bakar (Ilustrasi)

Ayam Bakar (Ilustrasi)

Foto: Google
Aktivitas bakar-bakar bisa menjadi pilihan menemani malam pergantian tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktivitas barbeku atau panggangan atau roast dengan api banyak jadi pilihan menemani malam pergantian tahun baru. Bukan hanya spesial, chef Vindex Tengker menyebut aktivitas itu dapat dinikmati bersama keluarga atau kerabat, serta teman-teman dalam kondisi yang terbatas.

“Barbeku bisa dengan meat seperti beef steak, ribs, dan berbagai potongan lainnya juga ada lamb chop, lamb rack, chicken, fish, atau seafood,” kata chef Vindex kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Untuk marinasi atau bumbu juga bermacam-macam. Chef Vindex menyebut bumbu bisa membeli jadi atau membuat sendiri, yang sebenarnya sangat mudah karena tidak perlu banyak memasak, tapi meracik saja.

Sementara untuk cocolan yang cocok, dia mengatakan marinasinya juga bisa dibuat saus. “Saus marinasi yang bisa jadi cocolan seperti macam-macam barbeku sauce yang bisa dibuat pedas dengan padanan black pepper, chili pepper, atau cajun,” ujar dia.

Chef Vindex mengatakan Anda juga bisa menambahkan unsur lain yang menambah flavor, seperti smokey honey, Korean chili, mustard yang cocok untuk beef atau chicken.

Kemudian untuk seafood atau fish, dia mengatakan biasa mengunakan cocolan seperti tartar sauce, honey mustard, chili mayo, herbs mayo (mayonaise base), atau bisa juga Japanese style sauce seperti teriyaki, ponzu, dan lain-lain.

Menurutnya, lama marinasi bisa paling cepat tiga jam atau paling baik itu semalaman. Chef Vindex mengatakan memilih daging, ikan, dan seafood sama seperti memilih daging segar. Dia menekankan pilihan harus memiliki kualitas bagus, ikan dan seafood masih dalam kondisi segar.

Untuk daging panggang langsung harus premium cut, seperti tenderloin, sirloin, dan rib eye. Kalau ribs dan beberapa cut lain harus dimasak terlebih dahulu. Sementara sosis bisa apa saja, langsung panggang atau dibuat skewers. Untuk sayuran pilih yang bagus untuk panggang, seperti terung, wortel, paprika, zuchini, cabai besar, dan lain-lain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA