Ahad 20 Dec 2020 19:35 WIB

Van Gaal Pertanyakan Perubahan Sistem Permainan MU

Van Gaal melihat Solksjaer bisa saja dipecat akhir musim ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Louis van Gaal saat mempersenbahkan trofi Piala FA untuk MU.
Foto: EPA
Louis van Gaal saat mempersenbahkan trofi Piala FA untuk MU.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pelatih Manchester United (MU) Louis Van Gaal mengatakan, Ole Gunnar Solskjaer bisa saja dipecat akhir musim ini. Van Gaal mempertanyakan metode pelatih asal Norwegia itu dan merasa dia terlalu bergantung pada pemain seperti Bruno Fernandes untuk mendapatkan hasil. 

"Solskjaer adalah mantan pemain MU, jadi mereka tidak akan memecatnya secepat orang lain. United tidak akan memecat seorang manajer selama musim ini terutama Solskjaer. Saya melihat semua cerita tentang Solskjaer dan masa depannya di media," kata van Gaal dikutip dari 101 Great Goals, Ahad (20/12). 

“Tapi mereka menunggu dengan memecat saya sampai akhir musim dan itu bisa terjadi padanya," tegasnya. 

Van Gaal kemudian mulai mengkritik taktik Solskjaer dan percaya dia selalu beradaptasi dengan lawan-lawannya. Mungkin dia berpikir United harus memiliki gaya yang harus diubah oleh orang lain dan bukan sebaliknya. 

Menurutnya, Solskjaer memainkan sistem yang berbeda sepanjang waktu. Seperti saat melawan Southampton dengan formasi 4-4-2, di pertandingan berikutnya ada lima pemain bertahan, selanjutnya 4-2-3-1. 

"Anda bisa berargumen, dia menggunakan kualitas para pemainnya, tapi di West Ham United mereka kalah di babak pertama," katanya. 

"Hanya ketika Marcus Rashford dan Bruno Fernandes masuk mereka membuat perbedaan. Menggunakan sistem yang berbeda tidak apa-apa, tetapi pertanyaan saya adalah apakah dia benar-benar melatih pemain dengan benar untuk menggunakan sistem ini?" tanya Van Gaal.

United akan bermain melawan Leeds United di Old Trafford dalam pertemuan liga pertama sejak 2004. Meski performa tandang Man Utd luar biasa, menang di Old Trafford menghadirkan tantangan yang lebih berat, tetapi kemenangan akan membuat pasukan Solskjaer berjuang untuk merebut empat besar sekali lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement