Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Terminal Kampung Rambutan Buka Layanan Tes Cepat Covid

Ahad 20 Dec 2020 19:18 WIB

Red: Ratna Puspita

Terminal Kampung Rambutan

Terminal Kampung Rambutan

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rata-rata ada 900-an penumpang per hari berangkat dari Terminal Kampung Rambutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, membuka layanan tes cepat Covid-19 di lingkungan terminal mulai Senin (21/12) besok. Layanan guna keperluan penumpang yang keluar Jakarta menjelang libur perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Mulai besok kita ada layanan rapid test seperti di stasiun-stasiun di Jakarta," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jhoni di Jakarta, Ahad (20/12).

Pelayanan tes cepat (rapid test) Covid-19 kembali diintensifkan menyusul penerapan tes cepat antigen di terminal yanghingga saat ini belum dilengkapi dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

Baca Juga

Selama petunjuk tersebut belum ada, kata Made, operator terminal menggelar sementara rapid test hingga muncul arahan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Sampai hari ini sifatnya kita masih mengimbau sekaligus sosialisasikan ke penumpang untuk menyiapkan atau membawa surat keterangan rapid test atau swab test yang masih berlaku. Sebab juklak-juknis tes cepat antigen belum ada," katanya.

Pelaksanaan rapid test di terminal mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan. Made Jhoni menambahkan prediksi puncak pemberangkatan penumpang pada Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 diprediksi terjadi pada Rabu (23/12) dan Kamis (31/12).

"Prediksi kita tidak terlalu banyak (penumpang) seperti tahun lalu. Karena memang kondisi sekarang pandemi Covid-19 masih tinggi, terutama di wilayah DKI Jakarta," katanya.

Situasi terminal menjelang perayaan Natal masih relatif stabil pada angka pemberangkatan penumpang berkisar 900-an orang per hari. "Itu pun masih di bawah jumlah harian rata-rata," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA