Ahad 20 Dec 2020 15:34 WIB

Datangkan Biboy Usai Natal, NSH Jalankan Protokol Kesehatan

Biboy ke Jakarta pada 27 Desember dan akan menjalani tes PCR di Manila dan Jakarta.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
Ebrahim Enguio Lopez alias Biboy melepaskan tembakan dalam pertandingan IBL 2016.
Foto: DOK IBL
Ebrahim Enguio Lopez alias Biboy melepaskan tembakan dalam pertandingan IBL 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajer Klub NSH Mountain Gold Timika Yusuf Arlan menyambut baik langkah IBL yang memutuskan pemain naturalisasi bisa bermain di kompetisi bola basket IBL 2021. Dengan keputusan terbaru ini, NSH Mountain Gold jadi menggaet Ebrahim Enguio Lopez alias Biboy, eks pemain timnas basket Indonesia berdarah Talaud-Manila, untuk membela mereka pada musim depan. Biboy saat ini menetap di Manila.

"Biboy akan datang ke Indonesia dari Filipina pada 27 Desember 2020 malam. Kami memberikan kesempatan untuk Biboy merayakan Natal bersama keluarganya di Filipina. Kami akan menaati semua protokol kesehatan untuk kedatangan Biboy," kata Arlan saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (20/12).

Baca Juga

Arlan yang saat ini berada di Papua mengatakan, semula Biboy dijadwalkan datang pada 20 Desember. Namun ternyata rapat perwakilan klub-klub IBL memutuskan untuk menunda penggunaan pemain naturalisasi pada musim 2022. Keputusan rapat klub-klub IBL ini mendapatkan kritikan dari media dan repons negatif penggemar basket via media sosial. IBL yang mencermati ini kemudian meninjau kembali keputusan dari klub tersebut. Setelah melalui pertimbangan matang, IBL menggunakan 'veto' untuk memutuskan pemain naturalisasi boleh segera bermain pada musim 2021, tak perlu menunggu musim 2022.

"Kami sudah terima surat dari IBL yang meninjau ulang keputusan rapat klub pada 15 Desember lalu. IBL akhirnya mengizinkan pemain lokal naturalisasi bermain musim 2021. Ini bentuk kebijakan IBL," kata Arlan mensyukuri keputusan ini.

NSH Mountain Gold merespons cepat dengan mengontak Biboy. Biboy akan didatangkan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sebelum terbang ke Jakarta, Biboy akan menjalani tes usap di Manila. 

"Setelah sampai di Jakarta, Biboy akan kembali menjalani tes PCR. Kalau hasilnya negatif, barulah Biboy bisa bergabung dengan tim dan berlatih bersama," jelas Arlan.

Arlan mengakui NSH Mountain Gold belum memasukkan nama Biboy dalam daftar pemain yang diserahkan ke IBL pada 15 Desember 2020. Dengan adanya surat peninjauan dari IBL, NSH Mountain Gold segera menyusulkan pendaftaran nama Biboy.

"Dengan kehadiran Biboy, kami harapkan tim kami semakin kompetitif. Penggemar basket pun bisa menyaksikan aksi Biboy yang sudah lama tidak bermain di Indonesia," kata Arlan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement