Ahad 20 Dec 2020 21:41 WIB

Jokowi ke Elon Musk, Minta RI Jadi Tempat Peluncuran SpaceX

Jokowi Dekati Elon Musk, Minta RI Jadi Tempat Peluncuran Roket SpaceX

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Elon Musk
Elon Musk

Lagi pandemi dan resesi begini, selalu ada asa yang bisa diraih. Kabar baik datang dari dunia investasi. Peluang investasi kakap dari Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia.

Tahu Elon Musk? Itu lho, Pendiri sekaligus CEO Tesla. Perusahaan otomotif yang dikenal sebagai rajanya mobil listrik. Elon Musk mau terbang ke Indonesia dalam waktu dekat. Duh, jadi deg-degan. Ada apa ya sebetulnya?

Baca Juga: Mau Investasi Cuan di 2021? Buruan Serok Saham Pilihan Ini

 

Jokowi Telepon Elon Musk, Tawarkan Investasi di RI

Elon Musk

Presiden Jokowi menelepon Elon Musk yang merupakan CEO Tesla

Tepatnya Jum’at lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telepon Elon Musk. Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jokowi rayu Elon Musk untuk menanamkan modal di Indonesia, khususnya mobil listrik dan baterai kendaraan listrik. Maklum, pemerintah sedang getol menawarkan peluang investasi kendaraan listrik dan komponennya ke investor luar negeri.

China dan Korea Selatan sudah lebih dulu. Mau bangun pabrik baterai listrik di Indonesia. Rencananya menyusul Jepang dan AS. Termasuk pedekate (PDKT) dengan Tesla.

“Pembicaraan ini (Jokowi dan Elon Musk) membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia. Keduanya bertukar pandangan tentang industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik,” seperti dikutip dari keterangan resmi Kemenko Maritim dan Investasi.

Ajak Elon Musk Meluncurkan Roket SpaceX di RI

Elon Musk

Jokowi menawarkan Indonesia sebagai tempat peluncuran roket SpaceX kepada Elon Musk

Selain mobil listrik, pembicaraan seru lainnya adalah seputar roket SpaceX. SpaceX merupakan perusahaan antariksa swasta besutan Elon Musk.

Nah, Jokowi menawarkan Elon Musk untuk meluncurkan pad spaceX atau roket di Indonesia. Kemungkinan di Biak, Papua.

Sebab, Indonesia melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan membangun bandara antariksa di Biak, Papua. Targetnya 2020-2024. Dan bakal menjadi bandara antariksa ekuator pertama untuk wilayah Asia-Pasifik.

Presiden Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX,” menurut keterangan.

SpaceX kependekan dari Space Exploration Technologies Corporation. Perusahaan pesawat ulang alik yang didirikan Elon Musk pada 2002. Markas SpaceX ada di Hawthrone, California.

Dalam perjalanannya, SpaceX telah meluncurkan beberapa roket, antara lain Falcon 1 (2008), Dragon (2010 dan 2012), Falcon 9 (2015 dan 2017), dan Falcon Heavy (2018).

“Ditembak” Jokowi, Apa Jawaban Elon Musk?

Elon Musk

Elon Musk siap mengirim tim ke Indonesia pada Januari 2021 untuk penjajakan

Layaknya pacaran, Jokowi sudah PDKT alias pendekatan dan ‘nembak’ Elon Musk untuk investasi di Indonesia. Gayung bersambut, Elon Musk siap penjajakan.

Miliarder ini rencananya akan langsung mengirim timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

Di akun Twitternya, Elon Musk juga menuliskan cuitan terkait nikel sebagai bahan baku utama baterai listrik.

“Nikel adalah tantangan terbesar untuk baterai bervolume tinggi dan jarak jauh. Australia dan Kanada melakukan dengan cukup baik. Produksi nikel AS secara obyektif sangat timpang. Indonesia hebat!”

Baca Juga: 25 Kata-kata Inspirasi dari Orang Terkaya Dunia

Elon Musk, Crazy Rich Berharta Rp 1.900 Triliun

Elon Musk

Elon Musk memiliki harta kekayaan USD 142,7 miliar atau sekitar Rp 1.997 triliun

Elon Musk masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes. Menempati peringkat ke-7 dengan nilai kekayaan bersih mencapai USD 142,7 miliar (Desember 2020). Jika dihitung dengan asumsi kurs Rp 14.000 per USD, setara dengan Rp 1.997,8 triliun.

Dalam kehidupan pribadinya, pria berusia 49 tahun itu pernah menikah dua kali. Pertama dengan Justine Wilson (tahun 2000-2008). Mereka dikaruniai 5 anak. Pernikahan kedua dengan Talulah Riley, seorang aktris asal Inggris. Lagi-lagi, harus bercerai.

Elon Musk pernah menjalin asmara dengan pemeran utama wanita di Film Aquaman, Amber Heard sekitar tahun 2017. Bahkan Amber dituduh selingkuh dengan Elon Musk saat ia masih menjadi istri Johnny Depp.

Namun hubungan Elon Musk dan Amber kandas di tengah jalan. Kini, pemilik nama lengkap Elon Reeve Musk ini memacari Musisi asal Kanada, Claire Elise Boucher alias Grimes. Hubungan keduanya sudah terjalin sejak 2018 hingga sekarang.

Grimes bahkan telah melahirkan bayi laki-laki yang mengundang sensasi. Anak ke-6 Elon Musk tersebut diberi nama unik. Awalnya X Æ A-12 Musk. Namun karena ada pelarangan menggunakan karakter dan nomor khusus menurut hukum California, nama tersebut diganti menjadi X AE A-Xii. Tetap susah ya mengejanya.

Kamu Investasi Apa?

Ngomong-ngomong soal investasi, gak usah muluk-muluk dulu untuk merealisasikannya. Apalagi buat kamu yang masih newbie.

Pilih saja instrumen investasi yang populer di Indonesia, seperti deposito, reksadana, emas, properti, surat utang, saham, sampai peer to peer lending.

Dari investasi yang kamu jalani dengan ketekunan dan jangka panjang, pasti akan membuahkan hasil. Menjadikanmu orang yang sukses dan kaya raya.

Baca Juga: Tips Cespleng Investasi Risiko Kecil, Tapi Tetap Cuan Berlimpah

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement