Sabtu 19 Dec 2020 19:51 WIB

STEI SEBI Lantik 184 Wisudawan, UAS Ucapkan Selamat

Sebanyak 23% lulus cumlaude, 52% lulus tujuh semester, 56% sudah bekerja.

STEI SEBI Depok menggelar wisuda Angkatan XV, Sabtu (19/12).
Foto: Dok STEI SEBI
STEI SEBI Depok menggelar wisuda Angkatan XV, Sabtu (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --  Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI menggelar Sidang Senat yang dipimpin oleh Ketua STEI SEBI, Sigit Pramono  PhD, CA, CPA,  dalam rangka Wisuda Sarjana XV, Sabtu (19/12). 

Wisudawan Angkatan Ke-15  ini berjumlah 184 orang. Rinciannya adalah 74 orang dari Program Studi Akuntansi Syariah dan 110 orang dari Program Studi Perbankan Syariah (termasuk 46 orang dari Konsentrasi Bisnis Syariah).

Dari jumlah tersebut, 65 persen yakni 120 lulusan merupakan penerima manfaat beasiswa yang mendapatkan pendidikan tanpa biaya. “Hal itu sebagai bentuk komitmen STEI SEBI untuk terus memberikan akses pendidikan ekonomi Islam bagi masyarakat luas,” kata Wakil Ketua I Bidang Akademik STEI SEBI, Dr H Azis Budi Setiawan SEI, MM dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, sebanyak 1.773  total lulusan STEI SEBI  yang tersebar di 29 provinsi telah berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi yang fokus pada pengembangan ekonomi Islam di Indonesia ini.

Azis  juga menyebutkan, dari 184 lulusan tahun akademik ini, 42 orang (23 persen) mendapatkan predikat cum laude (jumlah terbanyak  dalam lima tahun trakhir). Selain itu, terdapat 95 orang (52 persen) yang mencatatkan rekor lulus tujuh semester (jumlah tertinggi dalam lima tahun terakhir). "Yang juga sangat menarik, sebanyak 110 orang (56 persen) telah bekerja," papar Azis. 

Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr  Hylmun Izhar yang saat ini merupakan Senior Economist dari Lembaga internasional IRTI-IDB. Ia menyampaikan tiga  pilar untuk pengembangan ekonomi Islam ke depan, dan percaya STEI SEBI dapat menjalankan peran terbaiknya untuk turut serta menjadi penguat ekosistem ekonomi Islam di Indonesia.

photo
Dai nasional Prof KH Abdul Somad Batubara PhD mengucapkan selamat dan dukungan atas wisuda STEI SEBI Angkatan XV. (Foto: Dok STEI SEBI)

Para tokoh nasional turut memberikan ucapan selamat dan apresiasi pada perhelatan tahunan ini. Di antaranya, Prof  KH  Abdul Somad Batubara PhD (dai nasional), Dr  Sutan Emir Hidayat  SP, MBA (direktur KNEKS), Dr  H Amirsyah Tambunan MA (sekjend MUI), Dr  Ir  Imam Teguh Saptono  MM (wakil Ketua BWI), Dr  KH  Mohammad Idris Lc, MA (walikota Depok), dan Prof Dr Ahmad Thib Raya (Kopertais Wilayah I DKI Jakarta).

Ustadz Abdul Somad yang akrab disapa UAS, mengucapkan selamat  kepada para wisudawan STEI SEBI Angkatan XV sekaligus mengingatkan pentingnya menguasai ekonomi.  Menurutnya, aqidah, akhlak, dan fiqih itu penting, tapi semua itu tidak akan terwujud kalau ekonomi umat tidak mapan.

Ia  meyakini peran yang dilakukan para wisudawan  STEI SEBI dapat menjadi ladang amal jariah yang luar biasa dalam membangkitkan ekonomi umat. “Para lulusan STEI SEBI  harus menjadi pejuang ekonomi baik sebagai pelopor, maupun eksekutor.  Pedagang yang jujur dijanjikan surga untuknya bersama para syuhada,” kata Ustadz Abdul Somad.

Di akhir tahniahnya, UAS sekali lagi mengucapkan selamat kepada para wisudawan, “Berkah selalu ilmunya, keluarkan umat dari jurang kemiskinan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement