Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Besok, Pelabuhan Patimban Beroperasi Perdana

Sabtu 19 Dec 2020 18:53 WIB

Red: Friska Yolandha

Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Ahad (20/22) akan melaksanakan pengoperasian terbatas sekaligus ekspor perdana ke Brunei Darussalam.

Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Ahad (20/22) akan melaksanakan pengoperasian terbatas sekaligus ekspor perdana ke Brunei Darussalam.

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Soft launching juga akan diikuti dengan ekspor perdana kendaraan ke Brunei Darussalam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Ahad (20/22) akan melaksanakan pengoperasian terbatas sekaligus soft launching. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan persiapan akhir guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

"Pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R Agus H Purnomo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/12).

Bersamaan dengan kegiatan soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban juga akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari Pelabuhan Patimban berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit. Ekspor perdana menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

“Saat ini Kapal MV Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban,” kata Dirjen Agus.

Sebagai informasi, Kapal MV Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

Dirjen Agus berharap dengan kehadiran Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional pada umumnya, serta bagi masyarakat di sekitar pada khususnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA