Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

5 Manfaat Menyeruput Kopi

Sabtu 19 Dec 2020 15:33 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Minum kopi pada waktu yang tepat membuat kopi memberikan manfaat (Foto: Kopi)

Minum kopi pada waktu yang tepat membuat kopi memberikan manfaat (Foto: Kopi)

Foto: Wikimedia
Minum kopi pada waktu yang tepat membuat kopi memberikan manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi diketahui memiliki manfaat baik bagi tubuh selama dikonsumsi dengan cara yang benar. Minum kopi pada waktu yang tepat, membuat kopi memberikan manfaat yang seharusnya.

Berikut manfaat kopi yang akan didapatkan tubuh, dilansir Eat This, Jumat (18/12).


Membuat bugar
Kopi akan membantu memberdayakan tubuh menjadi bugar disertai latihan fisik. Kafein juga bisa mengurangi nyeri otot, salah satunya setelah berolahraha.


Memperbaiki mood
Percaya atau tidak, kopi bisa membantu mengurangi risiko depresi. Kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko depresi dan bunuh diri, meski belum diketahui apakah manfaat itu disebabkan oleh kopi atau kafein di dalamnya.

Menurut Debbie Petitpain, MS, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar dan juru bicara media untuk Academy of Nutrition dan Dietetics, kopi sangat banyak dikonsumsi sehingga kafein adalah agen psikoaktif yang paling banyak digunakan. Sebanyak 85 persen orang dewasa AS mengonsumsinya setiap hari. Jadi, sulit untuk membedakan manfaat yang dikaitkan dengan kopi dari kandungan kafeinnya.


Bantu menangkal penyakit
Menurut Kelli McGrane MS, RD, ahli diet terdaftar dan Lose It! konsultasi nutrisi, kopi kaya antioksidan atau senyawa alami yang terbukti membantu melindungi dari beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Antioksidan itu sering disebut asam klorogenat, yang telah dikaitkan dengan membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Tentu saja, faktor gaya hidup lain juga penting dalam mengurangi risiko penyakit kronis Anda, termasuk diet, olahraga, dan tidak merokok.


Membantu pikiran
Kopi dapat membantu mengurangi risiko demensia. Satu studi yang dirujuk oleh National Library of Medicine menemukan bahwa "minum kopi 3-5 cangkir per hari pada usia paruh baya dikaitkan dengan penurunan risiko demensia / DA sekitar 65 persen pada usia lanjut."


Turunkan berat badan
Jila tengah mencoba menurunkan berat badan beberapa kilogram, kopi bisa menjadi kunci kesuksesan. Sebuah studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa minum empat cangkir kopi sehari dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA