Sabtu 19 Dec 2020 15:21 WIB

Kemenag Papua Evaluasi Rencana Penyelenggaraan Haji 2021

Pemotongan anggaran yang besar tidak bisa dielakkan

Rep: Antara/ Red: A.Syalaby Ichsan
Gelombang II tiba   Jamaah asal Papua yang tergabung dalam Kloter 18 UPG, tiba di Hotel 216 Al Hasan Al Adel, kawasan Syisah, Kota Makkah, Arab Saudi, Sabtu (20/7) pagi. Kloter yang memberangkatkan 445 jamaah dan 5 orang petugas tersebut merupakan jamaah haji gelombang kedua yang pertama tiba di Kota Makkah.
Foto: Muhammad Hafil/Republika
Gelombang II tiba Jamaah asal Papua yang tergabung dalam Kloter 18 UPG, tiba di Hotel 216 Al Hasan Al Adel, kawasan Syisah, Kota Makkah, Arab Saudi, Sabtu (20/7) pagi. Kloter yang memberangkatkan 445 jamaah dan 5 orang petugas tersebut merupakan jamaah haji gelombang kedua yang pertama tiba di Kota Makkah.

IHRAM.CO.ID, PAPUA --  Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua menggelar evaluasi anggaran tahun 2020 sekaligus rapat koordinasi rencana penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua pendeta Amsal Yowei  menegaskan untuk meningkatkan kinerja organisasi di tahun mendatang, maka perlu dilakukan evaluasi, koordinasi dan konsultasi.Menurut dia, akan diketahui secara pasti realisasi, capaian, kendala-kendala yang dihadapi dan tentunya adanya solusi yang diberikan.

Penyusunan rencana kegiatan pun bersifat dari bawah dan harus diselaraskan dengan visi, misi dan rencana strategis, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai dengan baik. Kegiatan evaluasi anggaran tahun 2020 sekaligus rapat koordinasi rencana penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 ini berlangsung disalah satu hotel ternama di Jayapura selama dua hari yakni Kamis-Jumat (17-18/12).

"Di akhir tahun 2020 ini, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua berusaha untuk memaksimalkan anggaran yang tersedia. Meski jumlahnya berkurang akibat Covid-19, tapi dari jumlah yang ada itu harus diserap dan dimanfaatkan secara maksimal," kata dia.

 

Pandemi Covid-19 mengharuskan sebagian besar kementerian/ lembaga termasuk Kementerian Agama untuk melakukan penajaman kegiatan. Karena itu,  pemotongan anggaran yang cukup besar di Kementerian Agama, khususnya Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua, tidak bisa dielakkan.

Menurut dia, pada satuan kerja (satker) haji di Kanwil dan Kemenag di Provinsi Papua, karena adanya pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2020, maka ada beberapa kegiatan yang dipangkas karena memang tidak relevan lagi."Minimnya anggaran baik di Kanwil maupun Kemenag kabupaten/kota juga masih diikuti dengan rendahnya serapan anggaran khususnya bidang haji dan Bimas Islam yang masih sangat rendah," ujar dia.

Menurut dia, sebagaimana visi Kementerian Agama tahun 2020-2024 Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement