Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

8 Dampak Buruk Minuman Bersoda

Sabtu 19 Dec 2020 14:59 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah

Minum satu atau lebih soda dalam sehari bisa timbulkan masalah kesehatan (Foto: ilustrasi minuman bersoda)

Minum satu atau lebih soda dalam sehari bisa timbulkan masalah kesehatan (Foto: ilustrasi minuman bersoda)

Foto: Pxhere
Minum satu atau lebih soda dalam sehari bisa timbulkan masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penelitian membuktikan bahwa minum satu kaleng atau lebih soda sehari kemungkinan besar menjadi penyebab di balik banyak masalah kesehatan Anda. Dilansir dari eatthis pada Sabtu (19/12), berikut ini gangguan kesehatan yang berpeluang dialami peminum rutin soda.

1. Risiko kematian meningkat
Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association Circulation menemukan bahwa pria dan wanita yang minum lebih dari dua minuman manis (soda) sehari mengalami peningkatan risiko kematian sebesar 21% dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu kali sebulan.

Baca Juga

2. Peningkatan risiko penyakit jantung
Pasien mengeluh sakit jantung ke dokter ahli jantung. Studi yang sama juga menemukan bahwa minum dua atau lebih minuman manis sehari dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau stroke hingga 31%. Fakta mengatakan kebiasaan minum soda harian dapat memperpendek hidup Anda secara drastis.


3. Mudah lesu dan tersinggung
Setiap kali Anda menyedot sekaleng soda, Anda menelan gula sepanjang hari. Hal ini menyebabkan gula darah Anda melonjak sekitar 20 menit kemudian, menurut penelitian, dan kemudian jatuh total setelah sekitar satu jam. Hal ini membuat Anda merasa lelah dan murung. Jadi, bayangkan saja seperti apa setiap hari jika Anda tidak mengendarai roller coaster yang emosional.


4. Makan lebih banyak
Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa minum soda memicu nafsu makan atau menenangkan perasaan kenyang, yang membuat Anda makan lebih banyak. Secara khusus, 17 persen lebih banyak kalori daripada biasanya — dan ketika itu terjadi setiap hari, itu bisa bertambah dengan cepat.


5. Berat badan bertambah
Berbicara tentang makan lebih banyak, penelitian demi penelitian telah mengaitkan minum soda dengan penambahan berat badan. Dengan 140 kalori dan 39 gram gula, satu soda yang bisa dikonsumsi setiap hari sama dengan 51.000 kalori ekstra — atau 14 pon — setahun di atas pola makan normal Anda.

Buktinya ada dalam penelitian: Sebuah studi American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita memperoleh rata-rata 17 pon selama 4 tahun ketika mereka minum minuman manis. Yang lebih buruk, penelitian di Journal of Clinical Investigation menemukan mengonsumsi minuman yang dimaniskan fruktosa dapat menyebabkan peningkatan lemak viseral — alias lemak yang membungkus organ vital Anda dan membuat perut Anda buncit.


6. Rentan diabetes tipe 2
Sebuah studi besar yang diterbitkan di Diabetes Care menetapkan minum 1-2 porsi soda setiap hari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 26 persen.


7. Jadi Pelupa
Penelitian yang dimuat dalam jurnal Alzheimer's and Dementia mengungkapkan mereka yang minum banyak soda mengalami penyusutan otak terbesar.


8. Depresi
Minum empat atau lebih kaleng soda setiap hari dapat membuat Anda 30% lebih mungkin mengalami depresi. Hal ini didasarkan sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA