Sabtu 19 Dec 2020 12:00 WIB

Badan Legislatif Kalifornia Miliki Penceramah Muslim Pertama

Ulama Majelis Negara bertugas membacakan doa di awal sesi legislatif.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Badan Legislatif Kalifornia Miliki Penceramah Muslim Pertama. Bendera Amerika.
Foto: EPA
Badan Legislatif Kalifornia Miliki Penceramah Muslim Pertama. Bendera Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, SACRAMENTO -- Badan Legislatif Kalifornia membuat sejarah dengan mengangkat Imam Mohammad Yasir Khan menjadi ulama Muslim pertama. Penunjukan ini dilakukan oleh Ketua Majelis Negara Bagian Kalifornia, Anthony Rendon, untuk sesi 2021-2022.

"Imam Yasir Khan mewakili keragaman Kalifornia yang tumbuh dengan semua cara terbaik. Saya telah melihat pertumbuhan komunitas Islam di distrik saya dan menjadi dekat dengan para pemimpin agama dan sipil. Seperti mereka, Khan menunjukkan keinginan kuat berkontribusi pada vitalitas spiritual dan sipil Kalifornia. Dia telah melakukannya dalam banyak hal," kata Rendon, seperti dilaporkan CNN, dilansir di The Hill, awal pekan ini.

Baca Juga

Ulama Majelis Negara bertugas membacakan doa di awal sesi legislatif. Khan merupakan pendiri organisasi nirlaba Al-Misbaah yang berbasis di Sacramento, Kalifornia. Lembaga ini bertugas menyediakan bantuan makanan, bahan kebersihan, mobil, dan layanan lainnya untuk keluarga di sekitar.

Tak hanya itu, Khan juga sebelumnya bertugas melayani sebagai penceramah di penjara daerah dan rumah sakit. "Tuhan mengizinkan saya berada di sini. Saya merasa rendah hati dan bersyukur telah dipilih untuk peran ini. Saya berharap ini adalah langkah bagi para imam dan pemimpin Islam lainnya di negara ini untuk mengambil posisi sehingga kami dapat terhubung dengan komunitas lokal di tingkat kabupaten, kota, negara bagian dan federal," ujar Khan.

 

Ia juga menyampaikan salah satu tujuan hidupnya adalah mengembangkan pemahaman bahwa Muslim Amerika adalah orang Amerika. Muslim Amerika juga bagian kontributor bagi masyarakat yang peduli pada kelaparan dan kemiskinan.

Khan menegaskan dirinya dengan tulus ingin melakukan apa pun yang bisa ia lakukan untuk menunjukkan kepada sesama orang Amerika, bahwa komunitas Muslim ingin merayakan keberagaman dan menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi semua orang.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang Kalifornia juga memuji penunjukan Khan sebagai bersejarah. “Kami berterima kasih kepada Pembicara Rendon untuk penunjukan bersejarah ini dan untuk menunjukkan dedikasinya pada Kalifornia yang inklusif untuk semua,” kata Direktur Eksekutif CAIR-Sacramento Valley, Basim Elkarra.

Ribuan warga Kalifornia disebut telah memperoleh manfaat dari pelayanan kerohanian dan pelayanan sosial Imam Yasir Khan selama bertahun-tahun. Melihat sosoknya di Capitol akan menginspirasi banyak orang.

https://thehill.com/blogs/blog-briefing-room/news/530285-california-appoints-first-muslim-chaplain-to-legislature

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement