Sabtu 19 Dec 2020 09:15 WIB

Belajar dari Kesalahan Pemimpin Arab Sebelum Arab Spring

Ini cara Israel memandang gejolak Arab Spring

Demontrasi kala Arab Spring pada waktu lalu.
Foto: google.com
Demontrasi kala Arab Spring pada waktu lalu.

 IHRAM.CO.ID, -- Beginilah tulisan opini di Jerusalem Post soal Arab Spring di kawasan Timur tengah yang terjadi beberapa waktu lalu.

Tulisan tersebut berjudul: Did Arab leaders learn from the mistakes before the Arab Spring? (Apakah para pemimpin Arab belajar dari kesalahan sebelum Musim Semi Arab?).

Begini tulisan itu selengkapnya:

----------

 

Jalan-jalan di Sana dipenuhi dengan pengunjuk rasa yang menuntut penggulingannya ketika presiden saat itu Ali Abdullah Saleh mengatakan kepada kerumunan loyalis: “Saya akan mengungkapkan sebuah rahasia. Ada ruang operasi di Tel Aviv yang tugasnya mengguncang dunia Arab. "

Saat itu musim dingin 2011, dan peristiwa yang oleh orang Barat salah disebut sebagai Musim Semi Arab sedang berlangsung dengan cepat. Pergolakan dimulai satu dekade lalu minggu ini, ketika pedagang Tunisia Mohamed Bouazizi membakar dirinya sendiri, segera menggulingkan para pemimpin Tunisia, Mesir dan Libya serta Saleh sendiri.

Upaya yang terakhir untuk mengubah topik pembicaraan dari Arab ke Yahudi tidaklah unik. Bulan sebelumnya, Muammar Gaddafi mengatakan di TV nasional: "Armada kapal harus membawa orang Palestina ... dan menunggu di tepi pantai Palestina sampai masalah terselesaikan" karena "kita perlu menciptakan masalah bagi dunia."

Sama sekali tidak masuk akal, Presiden Suriah Bashar Assad mengatakan kepada The Wall Street Journal kurang dari dua bulan sebelum melepaskan pasukannya pada rakyatnya bahwa "Suriah stabil," dan itu karena dia, tidak seperti Hosni Mubarak yang jatuh, sedang menghadapi Israel. Upaya untuk mengubah subjek gagal. Subjeknya adalah ekspektasi Arab dari pemerintahan Arab, dan tetap seperti itu, seiring semakin banyaknya pemerintah Arab yang sekarang secara implisit mengakui.

UPHEAVAL yang dirayakan sebelum waktunya sebagai ledakan demokrasi segera berubah menjadi kemunduran politik, reaksi agama, dan tragedi internasional. Secara politis, kekacauan hanya menghasilkan satu demokrasi, di Tunisia. Jika tidak, itu memicu beberapa perang saudara di mana lebih dari setengah juta orang Arab terbunuh.

Secara religius, protes sosial diambil alih oleh kaum Islamis, yang segera menyerbu minoritas Kristen Mesir dan kemudian membantu melemahkan Suriah dan Yaman.

A PICTURE OF Mohamed Bouazizi, the street vendor whose self-immolation 10 years ago signaled the start of the so-called Arab Spring, is displayed on the post office building in Sidi Bouzid, Tunisia, on December 8. (photo credit: REUTERS/ANGUS MCDOWALL)

Keterangan foto: Gambar Mohamed Bouazizi, pedagang kaki lima yang bakar diri 10 tahun lalu menandai dimulainya apa yang disebut Musim Semi Arab, dipajang di gedung kantor pos di Sidi Bouzid, Tunisia, pada 8 Desember. (kredit foto: REUTERS / ANGUS MCDOWALL)

Akhirnya, pergolakan Arab mengganggu sistem internasional, dua kali: Pertama, itu mematahkan Uni Eropa, karena masuknya pengungsi Arab mendorong orang Inggris untuk memilih Brexit sambil membuat perpecahan antara Timur konservatif UE dan Barat liberal.

Dan kedua, tiga tanah Arab menjadi medan pertempuran bagi kekuatan asing, dan satu daratan, Suriah, diduduki, di Utara oleh pasukan darat Turki, di Baratnya oleh angkatan udara Rusia, dan di pedalamannya oleh milisi yang didukung Iran.

Selain fakta bahwa kinerja ekonomi yang rendah yang memicu pergolakan di tempat pertama hanya memburuk, karena jatuhnya harga minyak sebesar 60%; Pemotongan fisik Suriah, Libya, dan Yaman; dan penghancuran diri ekonomi Lebanon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement