Sabtu 19 Dec 2020 07:26 WIB

Menurunkah Peran AS dalam Menjaga Liberalisme Global?

Amerika berkepentingan menjaga sistem global dengan prinsip liberal dan kapitalis

Rep: Sabah Daily/ Red: Elba Damhuri
Bendera Amerika Serikat (AS) berdampingan dengan bendera China
Foto: AP / Andy Wong
Bendera Amerika Serikat (AS) berdampingan dengan bendera China

REPUBLIKA.CO.ID -- Oleh KEREM ALKIN, Kolomnis Daily Sabah Turki

Pada awal abad ke-21, Amerika Serikat (AS) terus berusaha untuk mengamankan tatanan ekonomi politik internasional yang sesuai dengan visi dan misi negara adidaya itu.

Baca Juga

Ini menjadi perjuangan yang diperlukan AS untuk menjaga sistem global tetap hidup. Tatanan global harus didasarkan pada liberalisme dan ekonomi pasar dan kesejahteraan yang menjadi pijakan utama AS.

Dengan sistem tersebut, AS mencoba melindungi kepemimpinannya di aliansi Atlantik dan menjaga agar kapitalisme global tetap berkelanjutan.

Inilah sebabnya mengapa AS, dengan cara yang hampir paranoid, mengambil sikap yang semakin tidak toleran terhadap perkembangan apa pun yang mungkin mempertanyakan aturan rezim tatanan global saat ini.

Namun, dengan intoleransi dan reaksi kerasnya, hal itu merusak citranya sebagai pemimpin dan menyebabkan orang lain mempertanyakan perannya dalam sistem global. Lebih buruk lagi, sikap AS itu menyebabkan mitranya mencari alternatif dalam hal masalah ekonomi-politik.

Oleh karena itu, penting bagi AS untuk menjauh dari tindakan semacam itu dan mengadopsi pendekatan yang lebih konstruktif terhadap sekutunya. AS perlu menjelaskan mengapa ia berupaya melindungi sistem global dan berbagi strateginya; jika tidak, kredibilitasnya kemungkinan besar akan menurun dalam waktu dekat.

Secara khusus, dengan penggunaan dolar AS sebagai alat untuk memberikan tekanan pada mitranya, AS memicu percepatan kemungkinan transisi sistem ekonomi saat ini.

 

sumber : Sabah Daily
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement