Sabtu 19 Dec 2020 07:02 WIB

Doa Agar Ilmu Bermanfaat

Jangan sampai ilmu yang kita punya justru membuat susah orang lain.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Doa Agar Ilmu Bermanfaat. Ilustrasi Doa
Foto: Foto : MgRol_92
Doa Agar Ilmu Bermanfaat. Ilustrasi Doa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerap didapati orang-orang yang berilmu, namun tak memberi manfaat baik bagi dirinya dan orang lain. Bahkan justru ilmu yang didapatnya digunakan untuk kemudharatan atau membuat susah dan sengsara orang lain.

Karenanya kita patut berlindung kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat. Rasulullah mengajarkan sebuah doa agar setiap ilmu yang dipelajari menjadi manfaat. Berikut doanya.

Baca Juga

 اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ 

"Allahumman faniy bimaa alamtaniy wa alimniy maa yanfauniy wa zidniy ilman alhamdulilahillahi alaa kulli haalin wa audzu billahi min haali ahlin naari."

 

Artinya: Ya Allah, berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Ajarkan kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada setiap kondisi (bahagia atau pun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka.

Doa ini dapat ditemukan dalam kitab hadits Sunan Tirmidzi nomor 3523.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement